Tujuh Negara Ikuti Catur JAPFA

JAKARTA (KRjogja.com) – Tujuh negara yaitu Vietnam, Pilipina, Malaysia, Myanmar, Australia, Rumania, dan tuan rumah Indonesia ikut am bil bagian di arena Turnamen Catur JAPFA International Master (IM) dan Woman International Master (WIM) yang akan berlangsung di Jakarta, pada 5-11 Desember 2016. 

"Turnamen ini berhadiah total 12.000 dollar US.  Dari turnamen ini diharapkan para pecatur muda Indonesia mampu memperbaiki elo rating yang telah mereka miliki, karena mereka akan menjadi generasi penerus bagi pecatur senior yang sudah tidak muda lagi," kata Kepala bidang pembinaan dan prestasi PB Percasi Kristianus selaku ketua panitia turnamen di Jakarta, Rabu (30/11/2016) malam.

Diantara para pecatur muda nasional yang akan turun bertanding adalah WGM Medina Warda Aulia yang akan mengincar norma International Master dan WIM Chelsie Monica Sihite di bagian putri. Sedangkan di bagian putra FM Yoseph Theolifus Taher dan FM Azarya Jodi Setyaki.

"Mereka rata-rata baru berusia antara 15 hingga 19 tahun, dan mereka harus menang untuk bisa menambah elo rating dan mendapatkan norma bagi Medina," tambah Kristianus.

Sementara itu pecatur luar negeri yang turut ambil bagian di anaranya adalah pecatur nomor satu Myanmar IM Wynn Zaw Htun yang memiliki elo rating 2390, Kemudian  IM Alina LAmi (Rumania/ 2341) serta Aleksandar H Wohl (Australia/ 2357). 

"Medina harus menang karena untuk mendapatkan norma IM dia harus mampu mengumpulkan 7,5 poin dari hasil pertandingan melawan para pecatur asing yang rata-rata memiliki elo rating yang tinggi," jelas Kristianus. (Fon)

BERITA REKOMENDASI