UKM Taekwondo UAJY Gelar Seminar Poomsae Internasional

SLEMAN (KRjogja.com) – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)  mengadakan Internasional Poomsae Seminar Taekwondo pertama di Indonesia. Seminar ini menghadirkan narasumber internasional, Kang Ik Pil, Grand Master dari Korea Selatan. Seminar akan digelar selama dua hari 22-23 Juli 2016 di Kampus II UAJY, Gedung Thomas Aquinas. 

"Ini adalah kali pertama seminar poomsae yang sifatnya terbuka secara umum, siapapun " kata Yoyok Suryadi, pelatih UKM Taekwondo UAJY. Ini menjadi hal baru, karena selama ini pelatihan poomsae biasanya digelar untuk kalangan tertentu. Internasional Poomsae Seminar Taekwondo akan diikuti lebih dari 50 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh, Sulawesi Utara, Jakarta, dan Sumatera.

Poomsae merupakan rangkaian jurus dasar serangan dan pertahanan yang dilakukan untuk menaklukan lawan. Dalam Poomsae  teknik-teknik dasar sangat penting, sehingga teknik inilah yang akan diajarkan dalam seminar. Di hari pertama akan diberikan materi dasar taegeuk dan kibbon poomsae. Sedang di hari ke dua akan diberikan materi poomsae taegeuk dan black belt poomsae. "Bagaimana cara maju, gerak tangan, menendang yang baik, dan  menggabungkan semuanya itu," jelas Kang Ik Pil melalui translator.

Acara ini diselenggarakan sebagai wujud apresiasi cabang olahraga taekwondo di tanah air, "Lewat acara ini UAJY ingin ikut berkontribusi dalam bidang olahraga, khususnya  Taekwondo," kata Sigit Widiarto Wakil Rektor III  UAJY.  (Kenia I.N)

BERITA REKOMENDASI