Yogyakarta Kota Pertama Kedatangan Obor Asian Games

JAKARTA, KRJOGJA.com – Obor di pesta olahraga se-Asia, Asian Games, memang baru akan dihelat pada pertengahan Agustus 2018 mendatang. Namun Indonesia sebagai tuan rumah terus mematangkan segala persiapan.

Demikian Menko PMK Puan Maharani di Jakarta,Kamis (5/4 2018) Rencananya, obor Asian Games akan dibawa melewati 51 daerah atau jalur diseluruh Indonesia. Banyaknya daerah yang dilalui bukan tanpa alasan.

"Kami berharap momen Asian Games ini sekaligus juga meningkatkan ekonomi, pariwisata dan tentu saja menjalin kerja sama di bidang olahraga. Api obor tersebut akan dibawa ke Indonesia pada 15 Juli 2018. Kota yang pertama akan kedatangan abor Asian Games adalah Yogyakarta."

Setelah melewati 51 daerah, obor Asian Games akan tiba di Istana Negara pada 17 Agustus 2018. Rencananya, obor tersebut akan terlebih dahulu diserahkan kepada Presiden Jokowi sebalum dibawa ke Stadion Gelora Bung Karno untuk upacara pembukaan.

“Terakhirnya akan diterima oleh Bapak Presiden pada tanggal 17 Agustus sebelum penurunanan bendera pusaka (di Istana Negara),” kata Puan.

Ia menuturkan, dari 40 cabang olehraga yang dipertandingkan di Asian Games, 25 cabang olehraga sudah melaksanakan uji coba. Tinggal 15 cabang olahraga yang belum melakukan uji coba venue.

Pemerintah optimis, uji coba venue cabang olahraga akan rampung secara bertahap. Dengan begitu maka semua cabang olahraga sudah mencicipi venue sebelum pesta olagraga itu digelar pada 18 Agustus .(ati)

BERITA REKOMENDASI