Tak Bisa Penuhi Target Medali, Ada Apa dengan Kontingen DIY?

JAYAPURA, KRJOGJA.com – Kontingen DIY yang berjuang di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 meminta maaf kepada warga dan masyarakat DIY karena belum mampu memenuhi perolehan medali susuai yang ditargetkan. Di ajang pesta olahraga terbesar di Indonesia tahun ini, kontingen DIY total meraih 8 medali emas, 12 perak dan 18 perunggu.

Dengan total raihan medali tersebut, DIY untuk sementara berada di posisi ke-15 dari 34 provinsi yang ikut berpartisipasi. Jumlah raihan medali tersebut masih di bawah target yang semula dicanangkan Komite Olahraga Nasional indonesia (KONI) DIY sebelum keberangkatan, yakni 11 medali emas, 15 perak dan 25 perunggu.

Jika dibandingkan dengan prestasi di ajang PON XIX Jawa Barat 2016 silam, dimana DIY mampu masuk peringkat 10 besar nasional, capaian prestasi kontingen DIY kali ini juga terpaut jauh. Pasalnya, di ajang tersebut, kontingen DIY sukses mengemas total 16 medali emas, 15 medali perak dan 25 medali perunggu.

“Kami sudah berjuang, teman-teman atlet sudah berjuang dengan semaksimal mungkin. Saya mohon maaf sebesar-besarnya tidak bisa memenuhi target perolehan medali. Kami mohon maaf dan kami siap menerima masukan untuk kedepan. Perbaikan kedepan dan siap menerima kritik, saran, untuk kebaikan olahraga DIY,” ujar Ketua Kontingen DIY, Dr H Rumpis Agus Sudarko MS kepada wartawan di Jayapura, Kamis (14/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Rumpis menjelaskan, jika dilihat dari jumlah medali emas yang diraih dan yang ditargetkan, maka defisit medali emas kontingen DIY hanya 3 saja. Namun dalam kesempatan tersebut Rumpis mengaku, setidaknya ada 5 target medali emas kontingen DIY yang lepas.

Kelima target medali emas yang lepas itu berasal dari cabor, bola voli pasir, panahan, pencak silat, sepatu roda dan balap motor. Dari kelima cabor tersebut, Rumpis menjelaskan, untuk bola voli pasir dirinya melihat kematangan mental juara saja yang membuat pasangan DIY gagal memenangi laga final kontra NTB 1 di kelompok putri.

BERITA REKOMENDASI