Tak Perlu Takut,  Kolam Renang FIK UNY Terapkan Prokes Ketat

YOGYA, KRJogja.com –  Jika di awal musim pandemi Covid- 19 kemarin, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) untuk sementara menutup beberapa fasilitas umumnya, maka di masa ini FIK kembali membukanya, salah satu diantaranya adalah kolam renang yang resmi dibuka kembali bulan Juli 2020 yang lalu. Hedi Ardiyanto selaku manajer kolam renang menjelaskan bahwa masyarakat tidak perlu lagi takut untuk kembali berenang di kolam renang FIK, karena sudah disiapkan peraturan yang sedemikian ketat agar nantinya semua pengguna kolam bisa berenang dengan aman tanpa takut tertular virus Covid- 19. Ditambahkan oleh Hedi, semua pengguna kolam akan aman selagi mereka mentaati peraturan yang dibuat oleh pengelola.

Ada beberapa alasan yang cukup kuat untuk membuka kembali kolam renang, salah satunya yaitu sudah memasuki masa PPKM dengan pelonggaran di mana masyarakat boleh beraktivitas kembali, namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, juga sudah banyak masyarakat yang ingin berenang kembali di sini baik untuk latihan rutin maupun hanya sekedar rekreasi.

“Kolam renang ditutup sebelum memasuki masa  pelonggaran PPKM , bukan berarti pihak pengelola hanya berpangku tangan, namun tentu saja tetap rutin membersihkan dan memberikan obat desinfektan setiap sore di air kolam dan melakukan penataan serta menyiapkan peraturan yang ketat sehingga nantinya sudah siap digunakan jika sewaktu- waktu dibuka kembali.” tutur Hedi, Selasa (30/11/2021).

Semenjak bulan Oktober mulai diberlakukan perkuliahan offline bagi mahasiswa FIK. Namun tidak semua mahasiswa yang bisa mengikuti perkuliahan praktik renang karena tidak di wajibkan oleh dosen. “Alhamdulillah masih aman aman saja, belum ada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan offline yang terkena Covid 19.” ujar  mahasiswa  FIK UNY, Arif Putra.

Dengan mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan oleh manajer seperti pengecekan suhu sebelum masuk kolam renang, masuk wajib memakai masker dan menggunakan handsanitizer.

Menguatkan apa yang telah disampaikan oleh Hedi, kepala Health And Sport Center ( HSC), dr Prijo Sudibjo juga mengatakan bahwa masyarakat yang ingin berenang di kolam renang manapun, khususnya kolam renang FIK tidak perlu merasa khawatir karena pihak pengelola sudah  melakukan standar desinfeksi pada air kolam, jadi bisa dipastikan aman dari berbagai virus dan selama pengunjung dalam kondisi sehat terutama tidak sedang mengalami sakit seperti batuk, pilek, demam dan sudah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh maka bisa masuk untuk menggunakan kolam. “Di masa ini masyarakat sebaiknya tetap melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga minimal 50 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.” tambah dr Prijo Sudibjo.(*)

Afifah Candra Noviani

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

BERITA REKOMENDASI