Ekonomi Sonjo, Ekonomi Pancasila?

DI JOGJA, pandemi covid tak hanya meninggalkan jejak-jejak pilu mereka yang menjadi korbannya, baik yang kehilangan pekerjaan atau jalan penghidupannya maupun yang kehilangan sanak saudara, sahabat dan kerabatnya, tetapi juga menorehkan catatan-catatan heroik tentang mereka yang berjuang tanpa pamrih berperang melawan keganasan pandemi itu. Tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat terhadap mereka yang pada hakikatnya merupakan pahlawan-pahlawan kemanusiaan, seperti para tenaga kesehatan, relawan, dan donatur, catatan singkat ini lebih menggarisbawahi apa yang dikerjakan oleh Sonjo.

Sonjo, kependekan dari Sambatan Jogja, gerakan kemanusiaan yang diinisiasi dan dimotori oleh Rimawan Pradiptyo, Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, telah mempersembahkan tontonan dan tuntunan yang sangat bernas mengenai bagaimana kegiatan-kegiatan ekonomi dapat bergerak dengan biaya transaksi yang sangat minimum, sekadar untuk tidak mengatakannya tidak berbiaya sama sekali. Melalui berbagai grup WA, Sonjo telah mempertemukan pihak-pihak yang mempunyai penawaran dan permintaan sehingga mereka dapat bertransaksi tanpa harus memikirkan biaya transaksinya.

Pola yang dikembangkan Sonjo telah memberikan dampak yang sangat luar biasa tak hanya bagi bergeraknya pasar barang tetapi juga pasar donasi yang memungkinkan terkembangnya shelter-shelter isolasi mandiri dan terlaksananya serbuan vaksinasi yang sudah tentu sangat berpengaruh terhadap berputarnya roda perekonomian. Keberhasilan Sonjo itu mengusik saya, seorang akuntan yang hanya sedikit sekali mempelajari Ilmu Ekonomi, untuk bertanya apakah Ekonomi Sonjo itu merupakan perwujudan dari Ekonomi Pancasila?

Prof. Mubyarto (Almarhum), Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada yang menggagas Ekonomi Pancasila, mendefinisikan Ekonomi Pancasila sebagai sistem ekonomi atau sistem perekonomian, tetapi berbeda dengan sistem Ekonomi Kapitalis atau Sistem Ekonomi Komunis. Sistem Ekonomi Pancasila adalah ekonomi yang dijiwai oleh ideologi Pancasila, yaitu sistem ekonomi yang merupakan usaha bersama yang berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan nasional (Mubyarto, Moral Ekonomi Pancasila, 1982).

BERITA REKOMENDASI