Harapan Literasi Bahasa Inggris Pada Generasi Alpha

SEBAGAI salah satu bahasa pengantar internasional, bahasa inggris masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan hasil English Proficiency Index tahun 2020 yang menempatkan Indonesia pada posisi ke 74 dari 100 negara. Namun demikian, pesatnya perkembangan teknologi dapat membantu kita mendapatkan informasi berbahasa inggris dengan mudah melalui smartphone. Tidak terkecuali kepada anak-anak, mereka dapat dengan mudah mengakses informasi berbahasa inggris pada Aplikasi, youtube serta game online.

Aplikasi terkait dengan pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa inggris banyak sekali ditemukan dengan mudah pada playstore maupun appstore. Salah satu aplikasi tersebut adalah Duck Duck Moose Reading. Aplikasi ini sangat menarik dimainkan oleh anak karena menggunakan animasi binatang seperti singa, monyet dan semut serta binatang lucu lainnya. Didukung oleh animasi yang menarik, anak dapat dengan mudah mengenali kata, pengucapan serta bacaan dalam bahasa inggris. Anak diminta untuk memilih kata yang diucapkan oleh animasi binatang seperti eɪtʃ dengan empat pilihan huruf F, H, J, K adalah contoh permainan dalam aplikasi ini. Berikutnya, anak dapat bermain melengkapi kata seperti “C-A-.” dengan pilihat huruf I, C, T.

Aplikasi lainnya yang sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anak adalah ChatterPix Kids. Pada aplikasi ini, anak dapat bermain sekaligus belajar dengan memanfaatkan berbagai macam gambar maupun foto. Misalnya, anak dapat mengambil foto dirinya, kemudian merekam sapaan atau pesan lucu dalam bahasa inggris pada foto tersebut. Dengan demikian aplikasi ini dapat membantu anak untuk berbicara dalam bahasa inggris. Dengan bantuan beberapa aplikasi pembelajaran bahasa inggris ini, anak kita dapat dengan mudah mengenali kosakata, pengucapan serta memiliki kepercayaan diri menuturkan bahasa asing.

BERITA REKOMENDASI