All New Veloz, Bisa Jadi Asisten Ingatkan Pengemudi Saat Traffic Light Berubah Hijau

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – Merasakan mengemudi mobil terbaru keluaran Toyota, yakni All New Veloz membawa pengalaman baru yang belum ditemukan sebelumnya. Betapa tidak, mobil dengan wajah dan interior model terbaru ini bisa bertindak layaknya robot asisten bagi pengemudi.

KRjogja.com sempat menjajal selama 24 jam mengemudikan All New Veloz model tertinggi yakni Veloz Q CVT TSS Type yang dipinjamkan Toyota Astra Motor melalui diler Nasmoco Yogyakarta. Kesan pertama, mobil ini semakin modern dengan berbagai fitur baru khususnya dalam tampilan dan keselamatan berkendara.

Hal yang mencuri perhatian adalah disematkannya Toyota Safety Sense (TSS) yang bekerja seolah sebagai asisten ‘pengingat’ bagi pengemudi. Ketika berada di traffic light misalnya, sistem ini akan membantu mengingatkan pengemudi saat lampu sudah berubah hijau dan kendaraan di depan mulai melaju.

Hal ini menarik, karena ketika berada di dalam kabin mobil, terkadang pengemudi tidak menyadari ketika kendaraan di depan sudah mulai berjalan melaju ke depan. Tentu, ini juga membantu pengemudi untuk segera sigap jalan, menghindari mengganggu pengguna jalan lain yang ingin buru-buru jalan, atau paling tidak klakson-klakson dari kendaraan di belakang.

Satu lagi yang cukup menyita perhatian selain bentuk yang luxury adalah adanya sensor pintar pada spion kanan dan kiri yang mampu mendeteksi kendaraan lain di sebelah kanan dan kiri. Mobil akan secara otomatis memberikan pemberitahuan berupa bunyi ‘tut tut tut’ ketika ada kendaraan di sebelah mobil Veloz kita, juga berperan ketika hendak berbelok memastikan kita aman.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director Toyota Astra Motor dalam peluncuran secara resmi wilayah DIY-Jateng di Rama Shinta Garden Resto Prambanan, Rabu (24/11/2021) mengungkap All New Veloz G CVT TSS dilengkapi dengan teknologi fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All New Veloz terdiri dari empat (4) fitur keselamatan, terdiri dari Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman.

BERITA REKOMENDASI