Cegah Baut Roda Mobil Slek, Begini Cara Ideal Lepas dan Pasangnya

SOAL perawatan dan perbaikan mobil, sejatinya tidak lepas dari aktivitas membuka dan memasang baut roda. Baut pengikat roda memang terlihat biasa saja. Namun baut tersebut menjadi salah satu hal krusial yang berada pada kendaraan. Pada saat kita perlu untuk melepas atau memaasang baut roda, pastikan kunci roda yang digunakan telah sesuai dengan ukuran baut roda yang terpasang. Kenapa harus sesuai?

“Karena lepas – pasang Baut yang terlihat sepele tetap ada aturannya. Salah sedikit atau ada perbedaan penggunaan toolkit bisa berakibat buruk. Bisa membuat Baut menjadi dol.” jelas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot.

Bermula dari baut slek (dol) tadi, biasanya karat mudah hinggap di seputar Baut. Meskipun untuk mengatasinya dapat menggunakan produk cairan penetran. Namun kemungkinan akan membuat performa baut pengencang roda tersebut tidak optimal.

Saat ingin melepas atau memasang Baut, ada baiknya ikuti aturan yang dilakukan di bengkel resmi Astra Peugeot. Tahapan awal yang mesti dilakukan saat akan melepas Baut roda adalah, lepaskan dulu dop (penutup) Baut roda dengan tool penjepit.

“Tool penjepit berwarna kuning tersebut sudah tersedia di toolbox. Kemudian untuk lepas – pasang Baut roda berjumlah 4 atau 5 pcs ditiap varian Peugeot, gunakan kunci roda yang tersedia di mobil. Biasanya menggunakan kunci roda ukuran 17 atau 19,” imbuh Samsudin.

BERITA REKOMENDASI