Ganti Ukuran Ban di Luar Standar, Ini yang Harus Diperhatikan

KRJOGJA.com – Keselamatan, keamanan dan kenyamanan berkendara menjadi hal utama yang harus selalu dipegang setiap pengendara sepeda motor. Kombinasi skill berkendara yang mumpuni serta kondisi sepeda motor yang prima menjadi kunci untuk mewujudkan hal itu. Salah satu komponen yang perlu mendapatkan perhatian yakni penggunaan ban yang tepat.

Ban merupakan satu-satunya komponen sepeda motor yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Tak hanya berperan menopang bobot sepeda motor dan pengendara, ban juga memiliki pengaruh besar terhadap handling dan meneruskan daya mesin menjadi laju kendaraan. Karena itu, kondisi komponen ini perlu mendapat perhatian dari pengendara sepeda motor.

Sejalan dengan trend modifikasi, mengejar tampilan, maupun kebutuhan lainnya, sebagian pengguna sepeda motor melakukan penggantian ban di luar ukuran standar yang ditetapkan oleh pabrikan. Tujuannya beragam, mulai dari meningkatkan tampilan sepeda motor secara umum hingga mengharapkan performa handling yang lebih baik.

Namun, menurut Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta (AMY) Danang Priyo Kumoro, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat pengguna mengganti ban di luar standar pabrikan.

BERITA REKOMENDASI