Lebih Ramah Lingkungan, UD Trucks Luncurkan QUESTER Euro 5

SEMARANG, KRJOGJA.com – Satu terobosan lagi dari Astra UD Trucks Indonesia. Di pertengahan bulan Ramadan, melaunching truk generasi terbarunya Quester Euro 5 yang spektakuler di pengembangan mesin diesel ramah lingkungan.

Kepada Wartawan, Branch Manager Astra UD Trucks Jawa Tengah, Welly Budiono, Selasa (19/4/2022) mengungkapkan bahwa generasi Quester Euro 5 ini merupakan truk terbaik dan pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi Selective Catalystic Recuction (SCR), dimana mampu mengurai hasil pembakaran yang mengandung Sulfur dan Karbon menjadi uap air yang ramah bagi lingkungan.

“Selain itu, generasi ini juga menggunakan bahan bakar B30 atau Bio Solar yang murah harganya sehingga akan rendah dari segi pembiayaan bahan bakar atau operasionalnya. Untuk tenaga pun dibanding dengan generasi sebelumnya Euro 4 selisih 40% lebih tinggi Quester Euro 5,” ungkap Welly Budiono didampingi Head Area, Wisnu Wibowo.

Sementara Slamet Wijianto, Work Shop Head Astra UD Trucks memaparkan, performa mesin diesel SCR pada Quester Euro 5 ini memiliki keamanan dan ketahanan, serta efisien dalam asupan bahan bakarnya. Bahkan juga sudah dirancang mudah disesuaikan dengan rancangan meskin Euro 6 ke depan yang lebih ramah lingkungan.

“Mesin ini memiliki sistem pengurai kadar karbon dan sulfur, dimana hasil pembakaran sebelum keluar sebagai gas buang dinetralisir dalam sebuah tanki menggunakan AdBlue (cairan Urea) sehingga berubah menjadi uap air. Gas buang yang sudah berujud uap air ini tidak mengandung bau atau polutan sehingga aman bagi lingkungan dan tidak meracuni makhluk hidup,” ujar Slamet Wijianto.

BERITA REKOMENDASI