Nissan Resmi Tutup Pabrik di Indonesia

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Nissan resmi menutup pabrik di Indonesia. Sebagai gantinya mereka akan berkonsentrasi pada pabrik Thailand sebagai basis produksi di Asean.

Chief Executive Officer (CEO) Nissan Makoto Uchida mengatakan penutupan pabrik Nissan di Indonesia salah satu perubahan strategi bisnis Nissan di dunia setelah mencatat penurunan permintaan mobil-mobil Nissan. Kendati tutup pabrik, Nissan tetap berjualan mobil di Indonesia.

“Penutupan fasilitas manufaktur di Indonesia dan berkonsentrasi pada pabrik Thailand sebagai basis produksi tunggal di ASEAN,” kata Uchida.

Rencana Nissan Motor Indonesia (NMI) mempertahankan pabrik di Indonesia dengan mengubah skema produksi menjadi perakitan mobil listrik dan mesin Xpander-Livina di Tanah Air akhirnya ‘bubar’ seiring keputusan prinsipal tersebut.

Rencana Nissan memproduksi mobil listrik dan mesin 1.500 cc Xpander-Livina di Indonesia sebelumnya diungkap pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Rencana ini diungkapkan pasca Nissan memutuskan berhenti memproduksi Datsun. (*)

BERITA REKOMENDASI