Begini Cara Kerja Side Stand Switch

user
danar 24 Oktober 2021, 17:30 WIB
untitled

HONDA secara konsisten terus berupaya mengembangkan produk, dengan menyematkan berbagai fitur untuk menunjang keselamatan pengendaranya. Beberapa fitur kadangkala luput dari perhatian. Salah satunya standar samping yang juga dikenal sebagai side stand.

Di seluruh produk skutik Honda, komponen standar samping tak hanya berfungsi sebagai penahan posisi sepeda motor agar tetap berdiri saat motor tidak digunakan atau sedang parkir. Penyematan fitur side stand switch menjadikan komponen ini sebagai salah satu penunjang keamanan dan keselamatan pengendara.

“Side stand switch secara otomatis akan mematikan mesin saat standar samping sepeda motor diturunkan. Mesin skutik kesayangan tidak bisa dihidupkan kembali tanpa menaikkan standar samping," ungkap Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro, Minggu (24/10/2021).

Fitur ini dikembangkan dengan sederhana namun tepat guna. Cara kerjanya, pada komponen side stand switch terdapat saklar yang terhubung secara langsung dengan Engine Control Module (ECM). Jika standar samping turun, maka otomatis ECM akan memutus pengapian mesin sehingga mesin mati / tidak dapat dihidupkan.

Mengingat posisinya yang ada di bagian bawah, side stand switch telah dirancang anti air. Pengendara tidak perlu khawatir akan terjadinya hubungan arus pendek / konseleting meski sedang berkendara di bawah guyuran hujan atau sedang melibas genangan air.

“Dengan disematkannya fitur ini, diharapkan mampu menekan resiko kecelakaan akibat menaikkan standar samping saat mulai berkendara serta mencegah sepeda motor jalan sendiri saat tuas gas terputar secara tidak sengaja ketika sedang berhenti dengan kondisi mesin menyala,” imbuh Danang Priyo Kumoro. (Awh)

Credits

Bagikan