Polisi-polisi Muda DIY, Antusias Tingkatkan Keterampilan Berkendara

user
jono 29 Juli 2022, 18:41 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Kemampuan dan keterampilan berkendara menjadi syarat penting bagi para polisi muda khususnya yang bertugas di Kesatuan Lalu Lintas. Apalagi upaya menekan angka kejadian kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu fokus petugas Kepolisian saat ini.

Tidak hanya memberikan imbauan etika berlalu lintas, para personel Kepolisian juga dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi anggotanya agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Dalam visi yang sama, Astra Motor Yogyakarta (AMY) berkolaborasi dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY menggelar pelatihan safety riding bagi polisi-polisi muda yang merupakan perwakilan dari Polres Sleman, Polres Bantul, Polres Gunungkiidul, Polres Kulonprogo, dan Polresta Yogyakarta. Pelatihan ini digelar di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta, Rabu (27/7/2022).

"Keterampilan berkendara dan kesadaran atas etika lalu lintas merupakan salah satu faktor utama untuk menekan angka terjadinya kecelakaan. Sebagai pengayom masyarakat, anggota Kepolisian wajib bisa dijadikan contoh oleh masyarakat khsusunya mengenai perilaku aman di jalan raya," ujar Kasubbagrenmin Ditlantas Polda DIY Kompol Sukaryati.

Tercatat 57 anggota Kepolisian berpartisipasi aktif dalam program kolaborasi Astra Motor Yogyakarta bersama Ditlantas Polda DIY ini. Kegiatan ini diawali dengan teori mengenai aturan lalu lintas. Selanjutnya Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta berbagi ilmu mengenai pentingnya berkendara yang aman dan benar di jalan raya.

Hal tersebut dapat dimulai dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang aman, saling menghargai sesama pengguna jalan, dan juga selalu mematuhi aturan lalu lintas.

Program pelatihan safety riding ini pun berlangsung seru dan meriah. Para polisi muda yang menjadi peserta dalam kegiatan ini diajak untuk mencoba menggunakan simulator berkendara yang dikenal sebagai Honda Riding Trainer. Setelah itu, peserta diajak untuk melakukan teknik statics balancing dengan menggunakan berbagai tipe sepeda motor, mulai dari skutik, sport hingga big bike.

"Polisi merupakan sahabat masyarakat. Dalam menjalankan tugas mengayomi masyarakat mereka harus mampu menjadi role model dalam upaya mewujudkan ketertiban berlalu lintas," ujar Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal. (San)

Kredit

Bagikan