Ekspor Mobil China Pecah Rekor, Tembus 308 Ribu Unit

user
Tomi Sujatmiko 18 September 2022, 09:06 WIB
untitled

Krjogja.com - BEIJING - Di tengah kondisi kelangkaan microchip serta dampak dari pandemi Covid-19 yang masih terjadi, produsen mobil Cina justru berhasil mencatat peningkatan kinerja ekspor mobil mereka pada periode Agustus 2022.

Berdasarkan data yang dirilis China Association of Automotive Manufacturers (CAAM), pada periode Agustus 2022 mereka berhasil mencatatkan adanya peningkatan besar. Hal ini juga menjadi catatan baru di mana ekspor mobil yang dilakukan berhasil menjadi rekor baru.

Secara data, sebanyak 308.000 kendaraan China ini berhasil diekspor ke beberapa negara tetangga. Pencapaian tersebut meningkat sebesar 65 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Sedangkan untuk periode bulan ke bulan, torehan ekspor mereka juga meningkat sebesar 6,2 persen.

Jika ditotal secara keseluruhan selama delapan bulan pertama 2022, mereka mencatat 1,817 juta kendaraan yang berhasil diekspor dan meningkat sebesar 52,8 persen.

Melihat keberhasilan tersebut, Cui Dongshu, Sekretaris Jenderal China Passenger Car Association (CPCA), merasa ini adalah wujud ketangguhan yang diperlihatkan oleh produsen mobil China kepada dunia.

"Kinerja luar biasa ini disebabkan oleh industri otomotif Cina yang tetap tangguh untuk terus memproduksi kendaraan dengan andal saat mengalami pandemi global dan tantangan rantai pasokan," jelas Cui Dongshu, seperti dilansir Carnewschina.

Lebih khusus lagi, tidak hanya mobil konvensional yang ekspornya melejit, namun untuk mobil listrik juga memberikan pencapaian yang signifikan pada Agustus 2022 lalu.

Dari periode bulan ke bulan, ekspor mobil listrik mengalami peningkatan sebesar 53,6 persen dan periode tahun ke tahun dalam periode yang sama, meningkat 82,3 persen.

Keberhasilan tersebut juga dipengaruhi oleh kebijakan yang diterapkan oleh setiap negara untuk mempromosikan adaptasi kendaraan listrik yang menjadi peluang emas bagi mobil listrik China.

Kredit

Bagikan