Sering Hujan? Baca 5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Berikut Ini!

DENGAN memiliki aplikasi bengkel mobil, kamu tentu akan sangat terbantu dalam mendapatkan informasi penting seputar perawatan mobil. Terutama ketika menghadapi musim hujan yang menuntut kamu untuk memberikan perawatan ekstra terhadap mobil kesayanganmu.
Tidak seperti saat musim panas, kendaraan roda empat membutuhkan perhatian yang lebih intens ketika musim hujan tiba. Jika tidak, performa kendaraan dapat menurun secara drastis karena beban kerja mobil saat hujan lebih berat dibandingkan saat cuaca panas. Mengapa? Karena masuknya air hujan melalui sela-sela bagian mobil dapat mengganggu kinerja komponen penting dalam mobil.

Wartawan kami telah mendapatkan narasumber terpercaya, Helda Sihombing dari Otoklix. Otoklix adalah perusahaan startup yang memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna roda empat, untuk bisa mendapatkan akses secara lengkap, real time dan transparan dari penyedia jasa.
“Kadar zat asam yang terkandung dalam air hujan juga meningkatkan resiko kerusakan pada cat mobil jika dibiarkan menempel terus menerus bahkan dapat menimbulkan karat. Tetapi, jangan khawatir, 5 tips merawat mobil saat musim hujan berikut ini bisa membuat mobilmu terhindar dari berbagai resiko tersebut.” Pungkas Helda Sihombing saat diwawancarai via daring.

5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Agar Performa Mobil Tetap Maksimal

1.Cuci Mobil Setiap Kali Terkena Hujan
Beberapa orang mungkin berpikir bahwa mencuci mobil di saat musim hujan adalah pekerjaan yang sia-sia karena toh juga bakal kena hujan lagi. Nah, pemikiran seperti itu harus segera disingkirkan. Meski memang sangat merepotkan, mencuci mobil segera setelah mobil terkena hujan menghasilkan banyak manfaat.

Melakukan tips merawat mobil saat musim hujan ini akan membantu mobil kamu terhindar dari resiko timbulnya jamur di sekitar bagian komponen mobil yang lembab serta menjaga seluruh bagian mobil tidak berkarat karena kadar air hujan yang mengandung zat asam.

2.Rutin Memeriksa Mesin Mobil Saat Musim Hujan
Ketika kamu menggunakan mobil saat cuaca sedang hujan deras, banyak kemungkinan air hujan masuk ke dalam mesin melalui sela-sela mobil. Beberapa komponen mobil dapat terganggu bahkan rusak bila kemasukan air dan dibiarkan terus-menerus.

Oleh sebab itu, periksa kondisi mesin mobil kamu secara rutin terutama di pagi hari sebelum kamu akan beraktifitas kembali. Pastikan tidak terdapat kendala baik itu saat menyalakan mesin maupun saat mobil berjalan. Ketika kamu menemukan adanya bunyi atau getaran yang tidak normal, jangan menunda untuk segera memeriksanya di bengkel terdekat agar masalah tersebut tidak semakin parah karena berpengaruh terhadap kinerja mesin lainnya.

3.Pastikan Komponen Kelistrikan Mobil Tetap Berfungsi
Komponen kelistrikan pada mobil memang merupakan bagian yang paling rentan bermasalah saat mobil terkena hujan. Karena itu, tips merawat mobil saat musim hujan yang ketiga adalah dengan memeriksa bagian mobil tersebut sesegera mungkin dan berikan penanganan yang tepat apabila terdapat kabel yang bermasalah.

Bagian kelistrikan pada mobil antara lain mencakup starter mobil, klakson, lampu mobil, dan juga kabel-kabel lainnya. Cek satu per satu apakah masih berfungsi dengan baik atau mungkin bisa jadi fungsinya melemah. Komponen kelistrikan ini sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan kamu saat berkendara terutama di malam hari.

4.Lakukan Pemeriksaan Terhadap Roda Mobil dan Fungsi Rem
Tips merawat mobil saat musim hujan yang keempat ini juga tidak kalah wajib untuk diperhatikan mengingat jalanan yang cenderung licin akibat air hujan. Oleh sebab itu, kondisi ban dan fungsi rem harus dipastikan berfungsi dengan maksimal demi keselamatan saat berkendara.

Pada jalanan yang licin, daya performa ban mobil harus maksimal agar tidak mengalami gelincir saat berjalan. Maka dari itu, hindari menggunakan ban mobil yang permukaannya sudah rata atau botak karena akan semakin meningkatkan resiko kecelakaan. Selain itu, air hujan juga cenderung menyebabkan komponen pada rem mobil berkarat sehingga tidak mampu menahan mobil dengan maksimal.

5.Selalu Panaskan Mesin Mobil Secara Rutin
Ketika musim hujan tiba, udara di sekitar kita tentu cenderung akan lebih dingin dibanding saat musim panas. Padahal, performa mobil mampu bekerja dengan lebih baik dan maksimal jika suhu dan temperatur mesin dalam kondisi panas. Itulah sebabnya, memanaskan kendaraan sebelum akan digunakan merupakan tips merawat mobil saat musim hujan yang wajib kamu lakukan jika ingin mesin mobil tetap terawat.
Tentunya, tips merawat mobil saat musim hujan tidak terlepas dari melakukan service mesin secara rutin di bengkel mobil terdekat. Tidak perlu bingung memilih bengkel mobil terpercaya karena di Otoklix kamu bisa menemukan ribuan pilihan bengkel dengan jaminan kualitas yang tidak kalah dengan bengkel resmi.

Ikuti Program Gratis Ganti Oli Setahun dari Otoklix

Demi meningkatkan layanan serta memberikan customer journey dan experience yang lebih baik kepada konsumen maupun mitra bengkel, Otoklix resmi meluncurkan website versi terbaru yakni www.otoklix.com. Pembaruan website Otoklix ini dilakukan di semua sisi baik User Interface (UI), User Experience (UX), System, dan juga Content.
Untuk merayakan hadirnya website baru Otoklix ini, perusahaan mengadakan promo GoGoKlix, yaitu Gratis Ganti Oli by Otoklix. Semua pengguna aplikasi Otoklix berkesempatan mendapatkan gratis ganti oli selama satu tahun.(*)

BERITA REKOMENDASI