3 Juta Eksemplar Dikirim dari Klaten, Anak-Anak di NTT dan NTB Bersiap Dapat Buku Gratis

KLATEN, KRJOGJA.com – Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra bekerjasama dengan PT Macananjaya Cemerlang Klaten dan PT POS Indonesia, Selasa (12/7/2022) melepas 3 juta eksemplar buku untuk anak usia dini dan Sekolah Dasar (SD). Buku-buku yang dikemas dalam tujuh truk kontainer ini dikirim untuk anak-anak yang berada di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Kemendikbudristek, Imam Budi Utomo, mengatakan pengiriman buku-buku ke wilayah Terdepan, Tertinggal dan Terluar (3T) terus dilakukan untuk membangun Gerakan Literasi Nasional. Menurut dia, ada beberapa perusahaan yang terlibat dalam proyek pembuatan buku-buku ini seperti di Klaten, Gresik, Cikarang dan Kudus.

“Total untuk PT Macananjaya di Klaten ini ada 560 judul dengan jumlah 3 juta eksemplar. Saat ini kami mulai kirim perdana untuk wilayah NTT dan NTB. Hari ini satu truk berangkat ke Lombok untuk mendistribusikan buku,” ungkapnya di sela pelepasan pengiriman.

Pengiriman buku menurut Imam juga dilakukan secara kontinyu dengan target selesai pada September mendatang. Beberapa wilayah menjadi sasaran seperti Kepulauan Riau, Aceh, Nias, Natuna, NTT, NTB, Maluku, Maluku Utara hingga Papua dengan total buku dicetak 12,159 juta.

“Pemerintah berharap, literasi generasi penerus kita semakin baik terutama untuk baca dan tulis. Bentuk keberpihakan dan kehadiran pemerintah, menyediakan buku untuk anak-anak, saat ini usia PAUD hingga SD,” lanjutnya lagi.

BERITA REKOMENDASI