72 Mahasiswa AKS AKK Adu Kreasi dalam Gelar Cipta Karya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 72 mahasiswa Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) AKK dari Program Studi (Prodi) Seni Kuliner (Culinary Art), Desain Busana (Fashion Design) dan Tata Rias (Cosmetology) mengikuti Gelar Cipta Karya, Sabtu (26/06/2021). Kegiatan yang dilaksanakan di kampus setempat tersebut merupakan bagian penilian ujian dari mata kuliah Boga, Busana dan Rias. Dalam kegiatan ini mahasiswa wajib memamerkan karya-karya terbaik yang merupakan kreasinya sendiri.

Untuk Prodi Kuliner, mengangkat tema ‘Inovasi Makanan Nusantara di Era 5.0’. Tema ini menyuguhkan olahan-olahan makanan dengan bahan dasar produk lokal nusantara. “Tema ini bertujuan untuk menggali atau mengeksplor bahan baku lokal di nusantara yang bisa memenuhi cita rasa global atau universal,” kata Direktur AKS AKK, Dra Prihatin Saraswati MA disela kegiatan.

Ia menambahkan, untuk Prodi Tata Rias mengangkat tema ‘The Beauty of The Archipelagi Culture’. Tema ini bertujuan mengeksplor tata rias nusantara dari Sabang sampai Merauke yang diinovasikan ke dalam Rias Gala, Karnaval, Wedding dan Fantasi.

“Para mahasiswa melakukan proses mulai dari rias yang diaplikasikan kepada model masing-masing, hingga menampilkannya di atas panggung untuk dinilai. Mereka bebas berkreasi sesuai dengan tema yang telah ditetapkan dalam penilaian,” ujarnya.

Sedangkan dalam Prodi Desain Busana mengeksplor kain-kain nusantara menjadi busana gala maupun karnaval. Ini sesuai dengan tema yang diangkat yakni ‘Kastra’, yaitu melambangkan kepribadian baik dari bangsa Indonesia.

Wakil Direktur Bidang Akademik AKS AKK, Nur Wahyuni SPd MPd menambahkan, karena masih dalam masa pandemi maka kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Gelar Cipta Karya juga disiarkan secara langsung melalu channel YouTube AKS-AKK.

Gelar Cipta Karya diikuti sebanyak 72 Mahasiswa. Mereka berasal dari Prodi Seni Kuliner (35 mahasiswa), Desain Busana (19 mahasiswa) dan Tata Rias (18 mahasiswa).

“Kami berharap dari sini mahasiswa terpacu untuk terus berkarya dan mampu menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam karyanya masing-masing. Pendidikan yang selama ini kami telah diberikan diharapkan dapat diterapkan, salah satunya melalui ajang ini,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI