Aroma Terapi Neuroproctif, Solusi Pencegahan Gangguan Jiwa di Masa Pandemi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim pengabdian masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Aisyiyah Demangan Yogyakarta memberikan kegiatan positif bagi ibu-ibu anggota Aisyiyah Demangan, Sabtu (03/07/2021). Tim UAD terdiri Sekprodi S2 Kesmas Dr Tri Ani Marwati MKes, Dosen Klinis Farmasi Dr Laela Hayu Nurani Msi dan Dosen Ilmu Kesehatan Jiwa FK UAD dr Widea Rossi Desvita SpKj.

Tri Ani Marwati mengatakan, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat itu, tim menyampaikan hal-hal terkait dengan kesehatan jiwa khususnya bagi ibu-ibu dan penanganannya. Selain itu menyampaikan materi tanaman obat keluarga (toga) khususnya untuk kesehatan jiwa dan kesehatan fisik pada umumnya disertai pemberian pulsa untuk kegiatan. “Kegiatan dilanjutkan dengan stimulasi, penyerahan bibit jeruk nipis bagi anggota Ranting Aisyiyah Demangan,” katanya.

Laela Hayu Nurani menjelaskan, hisperidin dalam jeruk merupakan bahan aromaterapi dalam relaksasi yang berpengaruh pada kesehatan jiwa. Di samping itu adanya metabolit sekunder dalam empon-empon pada toga dapat meningkatkan kebugaran jiwa dan raga.

“Kegiatan ini diharapkan mampu mengatasi potensi gangguan jiwa di masa pandemi Covid-19. Upaya penurunan keterjadian gangguan jiwa dari hasil penelitian dapat dilakukan dengan obat, pendekatan keagamaan, peningkatan kualitas hidup, serta herbal,” ujarnya.

Widea Rossi Desvita mengatakan, ginko biloba, jahe, dan jeruk merupakan beberapa herbal yang dapat digunakan sebagai relaksan dalam aromaterapi terkait neuroprotectif. Jeruk yang mengandung hisperidin secara in vitro berpengaruh pada psichiatric disorders. Jahe dengan minyak atsirinya mencegah penuaan dan penurunan degeneratif neuron.

Upaya penurunan dengan kegiatan keagamaan maupun obat dapat dilakukan secara mandiri dan menggerakkan kelompok sosial masyarakat. “Harapannya dengan terbentuknya kelompok sosial terutama warga ibu-ibu pimpinan Aisyiyah Demangan yang telah berhasil membuat herbal aroma terapi neuroproctif mampu mengatasi masalah kesehatan jiwa dan juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah pimpinan Aisyiyah Demangan,” katanya. (Dev)

UAD

BERITA REKOMENDASI