Bahasa Daerah Melayu Jambi Turut Memperkaya Bahasa Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bahasa daerah Melayu Jambi turut memperkaya bahasa Indonesia. Program pengayaan lema Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) melalui kosakata bahasa daerah Jambi dilakukan Kantor Bahasa Provinsi Jambi sejak 2013. Demikian diungkapkan Kepala Kantor Bahasa Jambi, Sukardi Gau dalam siaran persnya, Rabu (13/10/2021).

“Dalam kurun waktu 2013—2020, telah terkumpul ribuan kosakata yang berasal dari berbagai bahasa daerah yang ada di Provinsi Jambi. Namun, tidak semua kosakata itu dapat dimasukkan ke dalam KBBI karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi,” kata Sukardi Gau.

Sebuah kosakata layak menjadi lema dalam KBBI apabila belum ada konsepnya dalam bahasa Indonesia, seturut kaidah, berkonotasi positif, dan eufonis. Berdasarkan kriteria tersebut, kosakata bahasa Melayu Jambi yang telah resmi menjadi lema dalam KBBI edisi V (pemutakhiran April 2021) hanya berjumlah 57 kosakata.

“Jumlah ini tentu belum sebanding dengan jumlah kosakata bahasa Melayu Jambi yang beredar di masyarakat. Oleh karena itu, program pengayaan kosakata ini perlu dilakukan secara berkesinambungan agar menambah perbendaharaan bahasa Indonesia,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI