Balai Bahasa Bali Mengadakan Penyusunan Kamus Pembelajaran Bali-Indonesia

BALI, KRJOGJA.com – Balai Bahasa Bali melakukann penyusunan kamus pemelajar Bali-Indonesia. Demikian disampaikan Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali Toha Machsum, dalam keterangan tertulisnya yang diterima melalui Kemendikbudristek di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Kata kamus berasal dari bahasa Arab qamus, dengan bentuk jamaknya qawamis. Kata Arab itu berasal dari kata Yunani, okenaos, yang berarti ‘lautan’. Kamus merupakan khazanah yang memuat perbendaharaan kata dari suatu bahasa yang secara ideal tidak terbatas jumlahnya.

Dalam KBBI (2008:614) kamus berarti buku acuan yang memuat kata dan ucapan yang biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tentang maknanya, pemakaiannya, atau terjemahannya; buku yang memuat kumpulan istilah atau nama yang disusun menurut abjad beserta penjelasan tentang makna pemakaiannya.

Menurut Badudu – Zain (1994), kamus diartikan sebagai buku yang berisi daftar kosakata suatu bahasa secara lengkap, tersusun secara alfabetis, dan diberi penjelasan serta contoh pemakaiannya bila perlu. Dalam kamus dapat dilihat, apakah suatu kata benar atau tidak. Dari kamus dapat dipelajari bentuk, jenis, dan kekerabatan kata-kata. Kamus juga berfungsi membantu seseorang memahami sebuah wacana. Kamus juga berfungsi sebagai petunjuk bagi masyarakat pemakai bahasa Indonesia untuk mengetahui seluk-beluk bahasa dan sumber acuan yang dipakai sebagai pola anutan pemakainya, baik dalam segi ejaan, bentuk dan makna kata, serta stuktur kalimat.

BERITA REKOMENDASI