Balai Bahasa Bali Mengadakan Penyusunan Kamus Pembelajaran Bali-Indonesia

Setelah melakukan penjajakan, Balai Bahasa Provinsi Bali mulai melakukan pengumpulan data pada tanggal 5 – 8 April 2021 untuk Kabupaten Badung, dan tanggal 3 – 6 Mei 2021 untuk pengumpulan data di Kabupaten Tabanan. “Setelah data terkumpul tim analis kata akan mengklasifikasi data yang sudah terkumpul dan kemudian melakukan pendefinisian terhadap data. Tahap terakhir adalah tahap pelaporan setelah sebelumnya dilakukan revisi-revisi yang dirasa diperlukan,” kata Toha.

Penyusunan kamus pemelajar Bali – Indonesia dilaksanakan oleh Tim Analis Kata dan Istilah yang ditunjuk oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali. Adapun susunan kepanitiaan yang dimaksud adalah sebagai berikut : Koordinator: Dra. Ni Luh Partami, M.Hum., Anggota : Dra. Ni Wayan Ngasti; I Made Sumalia, S.S., M.Hum., dan I Gusti Agung Pitri Susanti, S.S.

Kemudian pihak luar yang terkait dengan kegiatan ini adalah narasumber lapangan, yaitu guru bahasa Bali tingkat sekolah dasar di Kabupaten Badung (SDK Thomas Aquino). dan Kabupaten Tabanan (SDN 1 Kaba-Kaba, Kediri, Tabanan).

Toha juga menyebutkan, bahwa tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan ini tidak ada karena para narasumber lapangan sangat kooperatif dengan tim.(Ati)

BERITA REKOMENDASI