Belajar Bahasa Asing Ternyata Sangat Menyenangkan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Belajar bahasa asing ternyata bisa sangat menyenangkan. Meski baru tahap pengenalan, sekitar 25 anak-anak usia sekolah dasar (SD) di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita di Bukit Duri Tanjakan III, Tebet, Jakarta Selatan, tampak antusias.

Bahasa asing yang diperkenalkan adalah bahasa Prancis. Dua mahasiswa tingkat akhir dari Prodi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yakni Fatma dan Dita, bertindak sebagai memberi materi. Keduanya didampingi Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis UNJ, Subur Ismail, dan dosen Yusi Asnidar.

Baik Fatma maupun Dita memperkenalkan alfabet dan angka dalam bahasa Prancis. Anak-anak mengikuti lafal yang diulang-ulang dan sesekali diselingi lagu dalam bahasa Prancis.

“Karena konsep pengenalan bahasa Prancis ini dirancang gembira, anak-anak TBM Bukit Duri Bercerita pun berani tampil mengulang apa yang telah diajarkan. Di akhir pengenalan bahasa, anak-anak ditantang untuk mewarnai huruf dan angka,” kata Fatma melalui keterangan tertulisnya.

Proses mewarnai seperti lomba ini juga membuat anak-anak bergembira. Untuk memudahkan proses mewarnai, TBM Bukit Duri Bercerita menyediakan pensil warna-warni.

BERITA REKOMENDASI