120 Sarjana Pilihan Dikirim ke Daerah Terpencil

JAKARTA (KRjogja.com) – ‎Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melepas 120 patriot energi di Kantor Kementerian ESDM‎. Program patriot energi ini digelar dalam rangka mengatasi masalah ketersediaan sumber energi di wilayah-wilayah terluar dan terpencil di Indonesia.

Sudirman mengatakan, 120 patriot energi ini merupakan sarjana terbaik bangsa yang direkrut dengan metode penyaringan yang kompetitif. Setiap patriot dituntut untuk membantu memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan energi di Indonesia.

Selama ini wilayah-wilayah yang belum teralirkan listrik sebenarnya memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah dan potensial menjadi sumber energi. Sayang, di wilayah tersebut belum ada sumber daya manusia (SDM) yang bisa mengubah SDA tersebut menjadi sumber energi yang berkelanjutan.

"Mereka bukan hanya baik dalam hal akademik tapi juga bersikap dalam rangka mengatasi persoalan bangsa‎. Kita siapkan lapis kader di sektor energi. Mereka akan jadi bagian dari reformasi berkelanjutan‎," ujar dia di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Sabtu (16/7/2016).

Sudirman menjelaskan, 120 patriot energi tersebut akan ditempatkan di 105 desa di 39 kabupaten selama 1 tahun. ‎Diantaranya, sebanyak 26 orang di desa-desa di Pulau Sumatera, 24 orang di Pulau Kalimantan, 25 orang di Pulau Sulawesi, dan sekitar 30 orang di Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.(*)

BERITA REKOMENDASI