13.525 Siswa Terbaik Bersaing Menuju OSN 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebanyak 13.525 siswa terbaik 9 bidang sains bersaing di Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018, Padang, Sumatera Barat. Peserta  telah melewati  tahapan seleksi berjenjang mulai dari tingkat sekolah dan kabupaten/kota, akhirnya terpilihlah para siswa terbaik bidang sains dari seluruh Indonesia. 

Dalam olimpiade sains tingkat provinsi (OSP) yang dilaksanakan serentak di seluruh provinsi Indonesia pada 17-19 April 2018. OSP ini merupakan seleksi penentuan, lolos atau tidaknya mereka ke tingkat yang lebih tinggi lagi,  yakni Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat, 1 – 7 Juli 2018.
 
"Olimpiade ini kita laksanakan secara berjenjang, harapannya adalah memberi kesempatan yang sama kepada seluruh siswa  SMA untuk berkompetisi. Jadi tidak ada batasan, misalnya, hanya sekolah-sekolah bonafit atau tertentu saja yang bisa ikut. Semua punya kesempatan sama, baik itu sekolah yang ada di kota sampai yang di pelosok sana. Jika memang punya kompetensi dan kemampuan yang tinggi, pasti akan mampu melewati seleksi, " ujar Direktur Pembinaan SMA Drs. Purwadi Sutanto, M.Si.

Purwadi mengatakan, menjadi juara di tingkat kabupaten saja sudah menjadi sebuah kebanggaan, apalagi kemudian juga di tingkat provinsi, bahkan nasional apalagi internasional. “Ini tentunya juga akan berimbas pada peningkatan mutu pendidikan ke depannya. Semoga pada  OSP tahun ini kita akan mendapatkan siswa-siswa terbaik yang akan maju ke tingkat nasional, lalu kemudian juga menjadi wakil Indonesia ke tingkat internasioal, “ lanjut Purwadi.

13.525 siswa dari 34 provinsi di  Indonesia ini bersaing merebut kesempatan berlaga ke tingkat nasional dalam sembilan (9) bidang lomba sains : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. 

Persaingan pastinya akan berlangsung ketat, karena mereka ini merupakan siswa-siswa terpilih yang telah membuktikan kemampuan diri dalam seleksi kabupaten/kota yang dilaksanakan pada 28 Februari 2018 lalu.

Dalam OSP 2018 ini, Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi terbanyak yang mengikutkan peserta ke ajang seleksi provinsi, yaitu 1.149 siswa. Sedangkan Kalimantan Utara, hanya meloloskan 48 siswanya ke ajang OSP 2017. (Ati) 

BERITA REKOMENDASI