2 Tim SMPN 5 Yogya Raih Emas di Taiwan

Editor: Ivan Aditya

KAOSHIUNG, KRJOGJA.com – Sebanyak 6 pelajar dari DIY yang tergabung dalam 2 tim penelitian berhasil meraih medali emas dalam lomba riset internasional yang di gelar di Kaoshiung, Taiwan, Sabatu-Minggu (07-08/12/2019). Keenam pelajar tersebut berasal dari tim riset SMPN 5 Yogyakarta, berjuang meyakinkan juri atas temuannya dalam Kaoshiung International Invesntion & Design Expo (KIDE).

Kedua tim tersebut, pertama terdiri dari Alfond Putra Maheast, Muhammad Devino Kevan Putra Santosa dan Nasywa Khalda Alifa yang mengangkat penelitian berjudul 'Emer-Tra: Emergency Sensing Traffic Light'. Tim ini meraih emas bidang transportasi. Tim kedua terdiri dari, Abdurrohman Faqih, Namira Zharifa Enditya dan Achmad Faheem Ibrahim yang mengangkat judul penelitian 'S-Trin:Smart-Trash Bin'. Tim ini meraih emas untuk bidang elektronika.

Guru pembimbing, Abdurrahman SPd MPdSi mengemuakakan, penelitian ini mampu berjaya di Taiwan setelah sebelumnya ditempa dalam berbagai lomba berjenjang di Indonesia, khususnya Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) dan Lomba Peneliti Beli (LPB). Selama masa itu banyak perbaikan dan peningkatan kemampuan hasil penelitian.

Seperti S-Trin, semula hanya kotak sampah otomatis saja. Kini ketika maju ke internasional, sudah dikembangkan menjadi kotak sampah otomatis, yang bisa memilah mana sampah organik dan non organik. Sehingga ketika diambil, kedua jenis sampah sudah terpisah.

Kedua tim ini berangkat ke Taiwan, setelah mendapatkan rekomendasi dari Kemendikbud, khusus Direktur Pembinaan SMP dan berpamitan dengan Gubernur DIY, melalui Asisten Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Setda DIY, Ir Arofa Nur Indriani MSi.

Pimpinan rombongan, Arif Misbaghul, dalam lomba ini diikuti 600 tim dari 26 negara. Selain dikuti pelajar, juga diikuti kalangan peruguran tinggi. Dengan hasil ini, pihaknya berharap, tidak hanya membawa harum nama DIY di kancah internasional, juga kian menguatkan SMPN 5 Yogyakarta sebagai sekolah berbasis riset. (Jon)

BERITA REKOMENDASI