2018, Pelaksanaan UNBK Gratis

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan tak ada pungutan biaya dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

"Untuk ujiannya sendiri tidak dipungut biaya. Tapi mungkin kalau sekolahnya mengadakan 'try out' atau latihan, mungkin ada biaya tambahan," ujar Mendikbud Muhadjir  Effendy di Jakarta, Selasa (20/02/2018).

Mengenai latihan UNBK tersebut, kata dia, juga sifatnya tergantung kesepakatan sekolah dan komite sekolah.

Mendikbud mengatakan pelaksanaan UNBK di tingkat SMA/SMK mencapai 80 persen dari jumlah sekolah, sedangkan SMP mencapai 60 persen. "Jika ada sekolah yang melakukan pungutan untuk pelaksanaan UNBK, laporkan pada kami," katanya.

Untuk pelaksanaan UNBK sendiri, tak hanya diselenggarakan di sekolah tersebut namun bisa juga menumpang dengan sekolah lain yang tidak menyelenggarakan UN.

Ke depan, Kemdikbud terus mendorong agar sekolah yang menyelenggarakan UNBK semakin banyak karena ada penghematan yang sangat besar jika menyelenggarakan UNBK. Di DKI Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK 2018 akan digelar di seluruh sekolah tingkat menengah wilayah DKI Jakarta. 

Menurut Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto, tahun ini menargetkan 2.161 sekolah tingkat SMP, SMA, dan SMK mengikuti UNBK 2018. Sekolah negeri mencakup, 320 SMP, 117 SMA, dan 68 SMK. Sementara itu, sekolah swasta mencakup 768 SMP, 363 SMA, dan 530 SMK. Untuk menyukseskan UNBK 2018, siswa perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut.

President of the Institute of Guidance Counsellors Betty McLaughlin mengungkapkan beberapa tips persiapan ujian, dengannrencana studi mulai sekarang, untuk dua minggu ke depan. Selain itu persiapkan waktu untuk mengulang kembali setiap pelajaran sekolah yang akan diujikan. (Ati)

BERITA REKOMENDASI