4.974 Mahasiswa Ikut Seleksi ONMIPA-PT 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com – Selama dua hari 4.974 mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia akan berkompetisi menunjukkan kemampuannya dalam bidang ilmu dasar Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia dalam ajang Olimpiade Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT). 
Kompetisi yang dilaksanakan tanggal 21-22 Maret 2018 di berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini merupakan kegiatan seleksi tahap II yang berlangsung serentak di 14 wilayah seluruh Indonesia.

Berdasarkan data yang telah dirilis oleh World Bank, pada tahun 2015 angka PISA Indonesia yaitu Sains 403 poin, Membaca 397 poin, dan Matematika 386 poin. PISA adalah alat tolok ukur OECD (The Organisation for Economic Co-operation and Development)_ untuk menilai pencapaian dan penerapan pengetahuan dan keterampilan utama pada masyarakat usia 15 tahun. 

Sementara, nilai rata-rata negara OECD yaitu Sains 493 poin, Membaca 493 poin, dan Matematika 490 poin pada tahun 2015. Karena itu, perlu adanya usaha untuk meningkatkan kemampuan dasar masyarakat Indonesia akan hal tersebut, yang salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan IPA tingkat perguruan tinggi. 

Olimpiade Nasional Matematika dan IPA atau On-MIPA telah diselenggarakan sejak tahun 2009. Salah satu tujuan penyelenggaraan On-MIPA yaitu meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Lalu,meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap ilmu-ilmu dasar, sehingga kemampuan dasar masyarakat Indonesia  dapat ditingkatkan dan memiliki daya saing dengan negara lain. (Ati)

BERITA REKOMENDASI