Anak Buruh Tani Ini Mencari Orang Tua Asuh

KEGEMBIRAAN tercermin jelas dari wajah Heri Sutanto ketika diumumkan lolos Ujian Masuk dan diterima Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Anak pasangan Haryanto dan Ny Tukinah mampu bersaing dengan peserta yang cukup banyak. Namun cita-cita Heri tersebut kini masih menyisakan kendala. Karena orang tuanya yang bekerja sebagai buruh tani dan srabutan tidak mampu membiayai kuliah.

“Heri memang anak yang pandai. Namun orang tuanya tidak mampu membiayai kuliah. Mudah-mudahan ada yang berkeinginan menjadi orang tua asuh,” kata Nurdiyanto salah satu guru SMP Ekakapti ketika mendampingi Heri di Sub Biro KR Wonosari, Senin (08/08/2016).

Diungkapkan, Heri memang memiliki banyak prestasi, karena pernah menjadi juara 1 olimpiade Fisika tingkat Gunungkidul. Setelah lulus SMA 1 Karangmojo memperoleh nilai yang bangus, bahkan ketika SMP nilai matematikanya mencapai 10.00. Puncak kegembiraan ketika memperoleh pengumuman diterima di UNY.  Heri yang tinggal di Surodadi RT 07 RW 07, Desa Umbulrejo, Ponjong ini juga berencana untuk ‘nglaju;’ ketika mengikuti pengenalan kampus minggu ini.

“Semoga ada pembaca budiman yang berkenan memberikan solusi, bahkan menjadi orang tua asuh. Sehingga cita-cita Heri Susanto bisa tercapai,” ujarnya.

Ditanya terkait cita cita, Heri mengaku sejak kecil ingin menjadi tentara. Namun memang bidang Kimia kini yang menjadi kegemarannya. Menurutnya sekalipun orang tua pernah berkata tak mampu membiayai kuliah, tidak menyurutkan semangat untuk tetap mengejar cita-cita. “Untuk sementara berencana ‘nglaju’ dari Ponjong ke UNY setiap hari,” imbuhnya. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI