Asah Keterampilan Bahasa Inggris Perlu Lawan Bicara

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan pada era persaingan bebas, dimana tenaga kerja asing dimungkinkan bekerja di tanah air. Sadar akan kondisi ini, banyak orangtua yang memasukkan putra-putrinya ke lembaga bahasa untuk membekali kemampuan berbahasa Inggris, sejak dini. Namun ketrampilan berbahasa Inggris tidak akan berkembang tanpa praktik langsung percakapan dengan lawan bicara.

"Kalau sudah belajar teori harus diaplikasikan dengan percakapan," terang Kepala Cabang Lembaga Bahasa (LB) LIA, Aristiyono kepada KRjogja.com di kantornya, Pandeansari Depok Sleman, Senin (05/09/2016).

Menurutnya, banyak pelajar yang belum bisa berbahasa Inggris karena hanya sebatas teori. Mereka biasanya kesulitan menemukan forum untuk mengasah ketrampilan berbahasa Inggris terutama conversation. "Para pelajar perlu diikutkan ke dalam kelompok conversation," katanya.

Untuk memfasilitasi para pelajar mengasah ketrampilan berbahasa Inggris, LB LIA mengadakan lomba bahasa Inggris atau LIA English Competition (LEC), Minggu lalu. Koordinator lomba Erlina mengatakan, lomba meliputi show and tell untuk siswa SD, story telling untuk siswa SMP dan TED-like short presentation untuk siswa SMA dan mahasiswa. (Dev)

BERITA REKOMENDASI