Asyiknya Belajar Matematika dengan INOBEL I-STEM/STEAM

JAKARTA, KRJOGJA.com – Matematika seringkali menjadi momok menyeramkan bagi siswa sekolah. Padahal, mata pelajaran ini dapat membangun dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Untuk mematahkan stigma tersebut dan membuat matematika menjadi lebih asyik untuk dipelajari, SMP Negeri 1 Magelang membuat inovasi pembelajaran dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics (STEAM).

“Inovasi yang disebut dengan INOBEL I-STEM/STEAM ini dilakukan dengan project-based learning sehingga belajar matematika menjadi berbeda, menantang, dan menyenangkan. Sehingga semangat belajar siswa dapat meningkat dan lebih menyukai pelajaran ini,” tutur Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina kepada Tim Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta,Senin (24/8 2020)

Pendekatan STEM/STEAM dalam inovasi ini merupakan perubahan transformatif dari segi pembelajaran agar kemampuan kreativitas matematis dapat tetap terasah. Menggunakan pendekatan interdisipliner dalam mempelajari berbagai konsep akademik dengan penerapan prinsip STEAM, inovasi ini juga bertujuan untuk siswa dapat memiliki keterampilan 4C, yakni _critical thinking_, creativity, collaborative, dan communicative.

Melalui project-based learning, implementasi INOBEL I-STEM/STEAM dapat mendorong jiwa empati dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar dengan mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar Kota Magelang. Proses pembelajaran dilakukan dengan dinamis, dimana siswa dapat menyelediki, menganalisis, mempertimbangkan, merekayasa dan memberikan masukan terhadap suatu masalah secara logis berdasarkan kemampuan kreativitas matematis.

BERITA REKOMENDASI