Belajar Hal Baru, 50 Guru Ikuti Workshop BK

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 50 guru SMP di Kabupaten Magelang, mengikuti workshop bimbingan dan konseling di SMK Pangudi Luhur Muntilan, Selasa (09/01/2018). Tema kegiatan yang dibuka Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, drs Haryono tadi itu, adalah pengembangan media inovatif dalam layanan bimbingan dan konseling.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program sekolah, yaitu pengabdian masyarakat khususnya di dunia pendidikan. Sebagai nara sumber, kami mengundang Dr Gendon Barus, dari universitas sanata dharma,” kata Kepala SMK Pangudi Luhur Muntilan, Bruder Yustinus Tri Haryadi SPd, FIC.

Dalam workshop tadi, kata Bruder Yustinus, menghadirkan nara sumber Dr Gendon Barus Msi yang merupakan Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Santa Dharma Yogyakarta. Sedang materi yang disampaikan, diantaranya tentang manfaat, jenis-jenis dan pemilihan serta pengembangan media.

“Media itu penting untuk menyalurkan pesan yang membimbing terjadinya perubahan pikiran, perasaan, perhatian, kemauan, kesadaran, sikap, perilaku dan nilai pada siswa agar berubah kearah lebih baik. Media yang digunakan bisa dengan papan panel, alat peraga, kartu, gambar, komputer, poster, surat, media telekomunikasi dan sebagainya,” kata Gendon.

Sementara Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, drs Haryono Mpd mengapresiasi apa yang dilakukan SMK PL Muntilan tersebut. “Ini kegiatan bagus dan patut diapresiasi. Diharapkan, pendampingan mental kepada anak didik dapat semakin berkarakter, seturut dengan perkembangan jaman dan teknologi,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI