Belum ‘Nyaman’, Mahasiswa Baru Sering Lakukan Ini

KAMPUS-KAMPUS di Indonesia saat ini sedang memasuki masa orientasi mahasiswa baru (Maba). Mereka datang dari penjuru tanah air bahkan ada yang dari luar negeri. Memasuki 'kehidupan' baru, para mahasiswa ini dituntut untuk segera menyesuaikan diri di lingkungan baru kampus mereka. Meski demikian banyak diantara mereka yang masih setengah hati untuk 'all out' ke komunitas masyarakat kampus. Lalu apa saja yang biasanya dilakukan oleh maba yang masih 'malu' di kampus mereka? Ini dia kebiasaanya:

Masih Malu, Diam di Kelas
Mau tanya malu, mau jawab malu, mau ngobrol malu, mau ke toilet juga malu. Itu mungkin yang dirasakan oleh mahasiswa baru, untuk menghindari hal itu mulailah berkomunikasi dengan teman sekelas. Mulailah berbasa basi dengan menanyakan asal sekolah mereka, tempat tinggal mereka, atau lain sebagainya. Jangan malu atau gengsi negor duluan tanggapan mereka pasti baik kepada kita karna kalian semua sama kalian semua mahasiswa baru yang ingin mencari teman.

Baca : Nama Maba UNY Ini Super Singkat, 'Y'

Tidak Fokus di Kelas
Mungkin karena masih 'new' kita perlu adaptasi dengan suasana kelas, teman, cara mengajar yang baru akan tetapi cobalah untuk fokus ketika dikelas, walaupun itu sulit. Jangan sibuk dengan gadget atau media sosialmu. Kebanyakan mahasiswa baru fokus kuliah ketika dihadapkan dengan dosen yang killer. Kalau dosennya yang biasa-biasa aja, ya asyik dengan gadgetnya masing-masing.

Klik ini: Mahasiswa UNY Ini Kreatif, Ciptakan Sepatu Kaos Kaki

Kumpul Teman Lama
Pasti lebih sering ngumpul sama teman SMA-nya. Atau paling tidak, anda akan mencari teman anda yang sudah anda kenal. Bukannya kita mau ninggalin teman lama, akan tetapi bergaul dengan teman baru akan lebih membuat pergaulan kita menjadi luas. Apabila kita cuma ngumpul sama SMA terus itu akan membuat pergaulan kita terbatas. Teman lama lebih diprioritaskan karena masih gengsi untuk berkenalan dengan mahasiswa baru lainnya yang berbeda SMA, oleh karena itu mulailah bergaul dengan teman teman baru terutama teman di luar daerah.

Baca yang ini: Anak Penjual Es Tebu ini Kuliah di FK UGM Tanpa Biaya

Rindu Kos atau Rumah
Tidak betah di kampus kalau mata kuliah kosong atau sudah selesai. Pokoknya, Kos-kosan dan rumah adalah tempat yang paling tak asing ketimbang diam sebentar di kampus untuk sekedar melihat-lihat bahan bacaan di mading atau melirik wanita cantik dan lelaki idaman. Mahasiswa baru yang belum punya kenalan dan tidak punya teman SMA yang satu jurusan, fakultas, atau universitas pasti akan merasa bosan di kampus dan biasanya mereka akan langsung pulang kerumah atau kos saat mata kuliah sudah habis. Maka sebaiknya hindari kesiasaan itu, mulailah berinteraksi dengan teman sekelas atau satu prodi ajak mereka ngumpul bareng sepulang kuliah agar mempererat pertamanan kalian. Apabila punya waktu lebih cobalah mengikuti organisasi atau himpunan kemahasiswaan di kampus kalian.

Baca juga: Anak Piatu Asal Purworejo Wakili Jateng Jadi Paskibraka Nasional

Males, Langsung Bolos
Kebiasaan buruk lainnya ialah bolos. Bagi mahasiswa baru memang kampus tidak seasik masa SMA yang jamnya sama antar satu kelas dan kelas lainnya. Di kampus kita tidak bisa kumpul bereng teman satu angkatan karena jam kuliah yang berbeda antara kelas satu dengan yang lainnya. Bolos sangat berpengaruh pada bidang akademik. Indeks prestasi mahasiswa yang sering bolos tanpa izin (biasanya satu kuliah maksimal tiga kali tidak masuk tanpa izin) maka dapat dipastikan IP kalian kurang dari tiga menyebabkan kehilangan hak untuk mengambil mata kuliah maksimal, sehingga menambah masa kuliah anda.

Klik juga: Nida Aqidatus Maba Termuda UGM (*)

 

BERITA REKOMENDASI