Bidan se-Sleman Antusias Belajar NLP Konseling Bersama Dosen Unriyo

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) bekerjasama dengan Pengurus Ikatan Bidan Indonesia Cabang Sleman dan Rumah Belajar NLP (Neuro-Linguistic Proramming) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan penyegaran tentang materi Komunikasi Konseling dengan Metode NLP. Kegiatan ini di selenggarakan selama 2 hari, yaitu pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 13-14 November 2020.Peserta kegiatan ini adalah Bidan-bidan se-Kabupaten Sleman sebanyak lebih dari 250 bidan.

Salah satu dosen Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga, Lestariningsih, S.SiT., M.Keb, CHt.NLP sebagai inisiator sekaligus moderator kegiatan tersebut mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah agar bidan mampu melaksanakan praktik konseling dengan baik menggunakan metode NLP. Sehingga selain diberikan teori peserta diminta praktik secara langsung bagaimana menerapkan NLP konseling yang baik sesuai langkah-langkahnya.

Beliau menambahkan latar belakang dari kegiatan ini adalah berdasarkan Kepmenkes No. 320 Tahun 2020 tentang standar Profesi Bidan dikatakan bahwa Kompetensi Bidan adalah kemampuan yang dimiliki oleh lulusan pendidikan profesi Bidan yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam memberikan pelayanan kebidanan pada bayi baru lahir/neonatus, bayi, balita dan anak prasekolah, remaja, masa sebelum hamil, masa kehamilan, masa persalinan, masa pasca keguguran, masa nifas, masa antara, pelayanan keluarga berencana, masa klimakterium, kesehatan reproduksi dan seksualitas perempuan, serta keterampilan dasar praktik klinis kebidanan.

“Perkembangan pelayanan kebidanan sejalan dengan kemajuan pelayanan obstetri dan ginekologi. Bidan sebagai profesi yang terus berkembang, senantiasa mempertahankan profesionalitasnya dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” katanya.

Kompetensi inti seorang bidan yakni mampu melakukan praktik kebidanan dengan menggunakan teknik komunikasi efektif untuk interaksi dengan klien, Bidan, tenaga kesehatan lain, dan masyarakat dalam bentuk anamnesis, konseling, advokasi, konsultasi, dan rujukan, dalam rangka memenuhi kebutuhan klien, dan menjaga mutu pelayanan kebidanan. Selain itu bidan juga harus mampu melakukan edukasi dan konseling berbasis budaya dan etiko legal terkait hasil skrining pada bayi baru lahir (neonatus), bayi, balita dan anak prasekolah, remaja, masa sebelum hamil, masa kehamilan, masa persalinan, masa pasca keguguran, masa nifas, masa antara, masa klimakterium, pelayanan Keluarga Berencana, kesehatan reproduksi dan seksualitas perempuan.

“Berdasarkan latar belakang tersebut, tema NLP Konseling ini sangat tepat sebagai materi pengabdian kepada masyarakat di lingkungan organisasi profesi IBI karena NLP merupakan sebuah pendekatan komunikasi, pengembangan pribadi, dan psikoterapi yang sangat mudah diterapkan oleh bidan,” tambahnya.

Pelaksanaan Pengabdian kepada masyarakat ini secara on-line melalui zoom meeting karena mengingat masih masa adaptasi kebiasaan baru. Walaupun melalui zoom meeting, peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap sesinya, terutama pada saat sesi praktik secara langsung.

Materi NLP Konseling disampaikan oleh Dr. Patisina, CI., CT.NLP dari Rumah Belajar NLP yang beralamat di Imogiri Bantul. Hasil dari terapi ini dapat langsung dirasakan oleh peserta, dimana sebagian peserta semakin mampu untuk mempraktikkan NLP konseling.

Sebagai penutup acara, peserta juga mendapatkan penyegaran tentang CPD Online yang disampaikan oleh Bidan Sukmawati, S.SiT., M.Kes, yang merupakan tim dari pengabdian kepada masyarakat ini juga. Peserta acara penyegaran tentang materi Komunikasi Konseling dengan Metode NLP ini mendapatkan kredit 2 SKP IBI.

“Harapan saya, program ini dapat rutin dilaksanakan untuk memberikan penyegaran kepada bidan-bidan tentang materi yang berhubungan dengan praktik kebidanan dari institusi pendidikan agar ilmu dari anggota IBI juga sesuai dengan perkembangannya,” imbuh Bidan Siti Purwanti, S.ST., MM selaku Ketua Pengurus Harian IBI Cabang Sleman. (*)

BERITA REKOMENDASI