BNSP : Pelaksanaan UN SMP Lebih Kondusif Dibandingkan SMA

 

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi mengatakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) jenjang SMP dari segi pelaksanaan, lebih kondusif dibanding pelaksanaan UN SMA. 

Menurut Bambang  pelaksanaan UNBK terbukti menurunkan kompleksitas pelaksanaan UN sehingga BSNP bersama Balitbang terus berupaya memperbaiki dan menyempurnakan UN menuju terwujudnya UN yang kredibel, akuntabel dan acceptable.

"Dengan memperkuat berbagai hal, antara lain framework UN yang terdiri dari berbagai komponen yg terkait satu sama lain. Tetapi sistem UNBK saat ini sangat sentralistik untuk wilayah Indonesia yg sangat luas. Karena itu, sistem UNBK harus diubah ke arah yang lebih distributed," tegasnya.

Selain itu, kata Bambang penalaran 'resource sharing' lintas jenjang dalam pelaksanaan UNBK  perlu diopltimalkan. Padahal, secara nasional  baru 63 persen UNBK di SMP. 

"Untuk soal HOTS,Pelatihan bagi guru-guru melalui in-service traininProses belajar mengajar di kelas juga diarahkan ke model penalaran," tegas Bambang. (Ati)

BERITA REKOMENDASI