BPSDMP Sosialisasikan Perguruan Tinggi Kemenhub

Editor: Ivan Aditya

YGYA, KRJOGJA.com – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) mengadakan Sosialisasi Terpadu Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Sasana Krida, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Jalan Cendana Yogyakarta, Jumat (28/02/2020).

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Tavip Agus Rayanto mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi kepada para siswa SMA/SMK sederajat dan pemerintah daerah terkait perguruan tinggi yang berada di lingkungan Kementerian Perhubungan. Selain itu menginformasikan mekanisme dan prosedur pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) melalui program pembibitan, reguler dan mandiri tahun akademik 2020/2021.

“Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan siswa SMA/SMK sederajat mendapatkan informasi mengenai perguruan tinggi di Kementerian Perhubungan, sehingga dapat menumbuhkan minat dan ketertarikan pada profesi-profesi di bidang transportasi,” terang Tavip kepada wartawan disela acara.

Perguruan tinggi yang mempresentasikan antara lain Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug dan Politeknik Pelayaran Surabaya. Antusiasme para peserta sosilaisasi sangat besar untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi Kemenhub.

Direktur PPI Madiun, Amirullah mengatakan, PPI Madiun merupakan salah satu perguruan tinggi di bawah Kemenhub yang terletak di Madiun Jawa Timur. Saat ini PPI Madiun memiliki 4 program studi yaitu Prodi DIII Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Prodi DIII Teknologi Elektro Perkeretaapian, Prodi DIII Teknologi Mekanika Perkeretaapian dan Prodi DIII Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

Menurut Amirullah, PPI Madiun menyiapkan SDM yang berkompeten di bidang perkeretaapian yang nantinya akan bekerja di sektor regulator/pemerintah, operator (BUMN/BUMD perkeretaapian) dan industri perkeretaapian. Saat ini PPI Madiun sudah meluluskan 3 angkatan yang terserap di dunia kerja seperti Kemenhub, PT MRT Jakarta, PT KCI, PT LRT Jakarta dan lain-lain. “PPI Madiun berencana menerima taruna baru,” katanya. (Dev)

BERITA TERKAIT