Buruan, Hari Ini Verifikasi PDSS Bakal Ditutup

SOLO, KRJOGJA.com – Para siswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Masuk  Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 diminta segera melakukan verifikasi Pangkalan Data  Sekolah  dan Siswa  (PDSS). Verifikasi akan dibuka sampai Selasa (29/1/2019) pukul 10.00 WIB. 

"Jumlah siswa yang melakukan verifikasi hingga saat ini tercatat 446.114 orang," jelas Prof Dr Ravik Karsidi MS, Ketua Lembaga Tes  Masuk  Perguruan  Tinggi (LTMPT) di Solo, Minggu (27/1/2019) malam.

Ia mengatakan laman PDSS untuk pengisian dan finalisasi sudah ditutup, Minggu (27/1/2019) pukul 18.00 WIB. Jumlah sekolah yang melakukan pengisian PDSS tercatat 18. 206. Kemudian sekolah yang melakukan finalisasi 14.675, sementara data tahun lalu sebanyak 10.152.

Sementara jumlah sekolah yang berpotensi  bisa mengisi data tetapi tidak melakukan pengisian data PDSS sebanyak 3.531 sekolah. Ini lebih sedikit dari tahun lalu yang tercatat 8.188 sekolah.

Terkait sekolah yang belum mengisi PDSS, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo menyebutkan tidak ada dampak atau sanksi bagi sekolah yang tidak melakukan pengisian. Prosedur ini harus dilakukan sekolah sebagai salah satu tahapan agar siswanya dapat mendaftar jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Tahapan mendaftar SNMPTN diawali dengan pengisian PDSS dan finalisasi oleh sekolah, verifikasi nilai oleh siswa, pemeringkatan oleh sistem LTMPT. Siswa yang eligeabel mendaftar akan dilakukan seleksi oleh PTN dan diumumkan. Kalau sekolah tdk menyelesaikan pengisian PDSS berarti siawanya memang tidak akan mendaftar SNMPTN," tambahnya.

Pun siswa yang tidak melalukan verifikasi, tidak ada dampak dan sanksi bagi siswa. Intinya, siswa setelah verifikasi masih akan dilakukan pemeringkatan oleh sistem LTMPT.(Qom)

BERITA REKOMENDASI