Cermati Saat Hendak Lakukan Perubahan Data PPDB

YOGYA, KRJOGJA.com – Hari pertama seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK DIY 2020, Senin (29/6/2020) berlangsung sangat dinamis, ditandai dengan padatnya jaringan server PPDB. Namun begitu, banyak masyarakat terutama para orangtua calon siswa yang masih bingung dengan aturan main atau cara kerja sistem PPDB. Itu dibuktikan, saat Kedaulatan Rakyat dan KRJOGJA.com menyelenggarakan webinar terkait PPDB SMA/SMK DIY 2020 di hari yang sama, banyak pertanyaan yang masuk. Seperti soal batas akhir perubahan data pendaftaran, cara kerja sistem penyeleksian jika ada kuota yang tidak terpenuhi, dan lain sebagainya.

Webinar menghadirkan narasumber utama yaitu Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Didik Wardaya dan Kepala SMA Negeri 8 Yogyakarta Rudy Prakanto dipandu host, Redaktur Pelaksana Kedaulatan Rakyat Primaswolo Sudjono.

Soal perubahan data pendaftaran calon siswa (casis) yang sudah diinput, menurut Didik perubahan itu bisa dilakukan berkali-kali sebelum batas akhir yaitu hari kedua PPDB, Selasa (30/6/2020) pukul 23.59 WIB. Misalnya pilihan 1 dirasa sudah tidak nyaman atau melorot sampai pilihan 3, bisa diubah urutan sekolahnya. Kemudian bagi siswa yang ingin melakukan pengubahan data pidah dari SMA ke SMK atau sebaliknya, itu dimungkinkan dan diberi kesempatan hanya satu kali. Sedangkan pindah jalur seleksi dari jalur zonasi ke jalur prestasi juga dimungkinkan asal memenuhi syarat minimal nilai rata-rata 85 (jalur prestasi).

BERITA REKOMENDASI