Cetak Biru Pendidikan Dinilai Penting

YOGYA, KRJOGJA.com – Adanya keinginan dari sejumlah pihak yang mendorong pemerintah untuk segera membuat cetak biru pendidikan, sebetulnya cukup bagus.

Namun semua itu harus dilakukan dengan perencanaan matang dan melibatkan orang-orang yang berkompeten dibidangnya. Mengingat cetak biru pendidikan adalah sebuah kerangka kerja terperinci sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan.

“Selama ini kita selalu mendengar ada sejumlah pihak yang meminta cetak biru (blueprint) pendidikan, sehingga kesan ganti menteri berganti kebijakan bisa diminimalisir. Karena rumusan cetak biru pendidikan merupakan hasil pemikiran para ahli pendidikan dari berbagai bidang. Seperti jenis pendidikan, proses dan media dalam pendidikan. Sampai para ahli memprediksi bagaimana pendidikan harus dilakukan pada masa kini untuk menjawab problematika bangsa di masa yang akan datang,” kata pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Yogyakarta, Prof Dr Ariswan MSi di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Ariswan mengungkapkan, cetak biru pendidikan dinilai penting, karena diharapkan bisa menjadikan arah kebijakan pendidikan menjadi lebih jelas. Dengan begitu pendidikan Indonesia tidak terkesan stagnan. Karena dalam cetak biru pendidikan sudah memuat kerangka kerja terperinci sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan.

BERITA REKOMENDASI