Dirintis, Sekolah Sawah di Lereng Merapi

MAGELANG (KRjogja.com) – Guna mengenalkan pertanian kepada anak-anak sejak dini, SD Negeri Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang merintis Sekolah Sawah di lereng Gunung Merapi. Sekolah Sawah ini akan memberikan ketrampikan dasar bercocok tanam kepada para siswa.

Kepala Sekolah SD Negeri Ngargomulyo, Widiyanto SPd, Minggu (28/08/2016) mengatakan, ide Sekolah Sawah ini didasari fakta bahwa sekolah  negeri kini kalah bersaing dengan sekolah swasta. “Banyak warga yang menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah swasta di kota. Kondisi ini membuat banyak sekolah negeri kekurangan murid dan bahkan nyaris tutup,” katanya.

Karena itu, Dia menciptakan Sekolah Sawah sekaligus gencar meningkatkan kualitas akademik siswa dengan membangun perpustakaan, tambahan pelajaran serta meningkatkan sarana dan prasarana serta memanfaatkan media pembelajaran secara maksimal. "Siswa kami berikan pendidikan motivasi agar bisa lebih fokus belajar. Mereka juga kita dorong banyak membaca mulai buku, majalah dan koran," jelasnya.

Para guru yang sudah menerima sertifikasi juga didorong untuk meningkatkan kualitas keilmuan dengan mengikuti pelatihan dan banyak membaca buku-buku pendidikan. (Bag)

BERITA REKOMENDASI