Dosen UMS Temukan Bakteri Penghasil Antibiotik

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Dr Ambarwati, dosen program studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah (UMS) berhasil menemukan satu spesies bakteri penghasil antibiotik. Spesies Streptomyces baru diajukan bernama Streptomyces cemorosewuensis sp. Nov.

Saat ini sekuen basil Whole Genome Sequencing (WGS) dari spesies baru sedang dalam proses submit ke Nationai center for Biotechnology Information (NCBT) untuk mendapatkan accession number. “Dalam penelitian saya menemukan enam isolat Streptomyces yang berpotensi menghasiikan antibiotic,” jelas Ambarwati, Jumat (28/02/2020).

Spesies bakteri diberikan nama Streptomyces cemorosewuensis sp. Nov karena ia meneliti di dataran tinggi Cemoro Sewu Magetan Jawa Timur. Dari analisis pohon filogenetik, Ambar sebenarnya menemukan dua isolat yang berpotensi sebagai spesies baru yaitu isolat CRB41 dan CRB46. Nanun ia memilih CRB46 karena lebih berpotensial menghasilkan antibiotik dengan spektrum luas.

Streptomyces cemorosewuensis merupakan disertasi yang mengantarkan Ambar meraih gelar doktor biologi dari UGM. Riset yang dilakukan Ambar menarik mengingat resistensi bakteri patogenik terhadap antibiotik sudah ada dan mendorong untuk mencari sumber antibiotik baru.

Ambar menjelaskan fenomena terjadinya resistensi terjadi di seluruh dunia. Data terbaru 2019 menunjukan lebih dari 2,8 juta infeksi telah resisten terhadap antibiotik di Amerika Serikat dan menyebabkan lebih dari 35 ribu orang meninggal.

Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif menyambut gembira terhadap temuan Dr Ambar. Ia siap mendorong peneliti dari fakultas lain untuk menindaklanjuti hasil temuan spesies bakteri penghasil antibiotik itu. (Qom)

BERITA TERKAIT