FKM-UAD Raih Tiga Juara Lomba Poster IOSH Summit 2020

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) meraih 3 gelar Lomba Poster di Indonesian Occupational Safety and Health (IOSH) Summit 2020 diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), 25 September – 8 November 2020.

Oktomi WijayaSKM MSc, dosen pembimbing tim poster FKM-UAD menyampaikan pengumpulan karya 25 September-2 Oktober 2020, Pengumuman finalis 10 besar 10 Oktober, Seleksi tahap 2, presentasi poster 28 Oktober, dan Pengumuman juara 8 November 2020. “Persiapan tim UAD sangat pendek karena saya mengetahui perlombaan ini juga setelah masa perpanjangan. Satu minggu sebelum batas akhir,” ungkap Oktomi, Selasa (10/11/2020).

Dalam waktu yang sangat terbatas Oktomi menyampaikan informasi di beberapa group kelas. Mahasiswa yang berminat selanjutnya dibuatkan group pembimbingan sebagai media daring untuk berdiskusi.

“Saya buat group agar diskusi dengan mahasiswa dapat lebih fokus. Mereka mau buat apa, saya beri panduan buat mereka, poster yang bagus itu seperti apa, penjelasan disertai dengan contoh-contohnya,” terangnya.

Sebagai pembimbing bidang ilmiah mahasiswa FKM-UAD Oktomi Wijaya yang sudah memiliki banyak pengalaman memberikan salah satu tips sukses dalam pembimbingan. “Sebagai dosen pembimbing harus mengetahui tentang karakteristik lomba, kriteria penilaian apa saja, sehingga bisa memberikan masukan kepada mahasiswa,” ujarnya.

Putri Aisyah Nur’Aini yang membuat poster bersama dengan Vega Mellania menceriterakan, kalau dirinya tidak menyangka meraih juara 1. “Saya sudah hopeless. Yang dipanggil juara 3 timnya Findi (Eka Nur Findiana & Lintang Saraya) dari UAD. Juara 2 dari UI. Ya, sudah benar-benar lemas karena tidak yakin juara 1. Ya Allah,tidak taunya namaku dan UAD dipanggil sebagai Juara 1,” cerita Putri.

Dekan FKM DrLina Handayani menyampaikan rasa syukurnya atas capaian mahasiswa bimbinganOktomi Wijaya dengan meraih Juara I atas nama Putri Aisyah Nur’Aini & Vega Mellania dengan judul karya ‘Kendalikan Stress Kerja Let’s Go To BILIK CURHAT’. Juara III diaraih Eka Nur Findiana & Lintang Saraya judul karya ‘Siaga Kebakaran di Tempat Kerja’. Jugara Favorit diraih oleh Laely Ufiz Tsani Sugiyana karya dengan judul ‘Waspada Klaster Covid-19 di Tempat Kerja’.

“Alhamdulillah tim mahasiswa hanya Juara II yang lepas, karena diraih oleh Universitas Indonesia, tapi kami sudah sangat bangga atas capaian ini. Dorongan dari fakultas dan prodi agar mahasiswa dan dosen Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Gatot Sugiharto SHMH mengatakan, kreativitas dan prestasi mahasiswa UAD tidak boleh berhenti, kompetisi poster ini adalah bukti mahasiswa UAD masih dapat terus berprestasi di tengah kondisi dan situasi pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan prestasi ini dapat memotivasi dan menginspirasi yang lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi,” ujarnya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI