Gantikan TIK, Informatika Jadi Pelajaran Utama

JAKARTA, KRJOGJA.com –  Kepala Pusat Buku dan Kurikulum (Kapusbukur), Kemdikbud Awaludin Tjala di Jakarta mengatakan mata Pelajaran informatika akan menjadi mata  pelajaran utama. Bahkan, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  tengah menyiapkan Mapel Informatika sebagai pengganti TIK.

"Kemendikbud memberikan mapel ini kepada peserta didik tingkat SMP dan SMA.Mapel Informatika bermuatan lokal, jadi pengembangan kita serahkan kepada daerah,” ujar Awaludin Tjala.

Menurut Awaludin, Mapel Informatika baru akan diimplementasikan. Rencananya maple ini menjadi mata pelajaran utama. “Meskipun ini baru untuk SMP dan SMA. Idealnya, tingkat SD sdah diberikan, agar mereka kreatif dan kritis,” ungkapnya.

Salah satu kendala penerapan Mapel Informatika disebabkan wilayah Indonesia belum seluruhnya menikmati internet. Wilayah sulit mendapatkan jaringan internet seperti di Papua. “PR pemerintah, harus segera diselesaikan. Kalau soal guru, 20 ribu guru TIK dari 40 ribu sudah tersertifikasi,” katanya.

Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji mengingatkan kepada pemerintah untuk menyiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) tersertifikasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Terdapat beberapa wilayah di Indonesia belum bisa menikmati jaringan internet.

"Jangankan Papua, di wilayah Jakarta sendiri terdapat sekolah belum tersentuh internet. Padahal, Mata pelajaran (Mapel) Informatika sangat bergantung pada jaringan internet. Karena, dalam Mapel Informatika mengajarkan peserta didik berkomunikasi, kolaborasi, berpikir komputeris,” ungkap Indra Charismiadji. (Ati)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI