Guru Dituntut Lebih Kreatif

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sri Renani Pantjastuti, membuka simposium Nasional Bagi Guru IPA Tahun 2019, yang diikuti 400 guru dengan mengangkat tema “Guru Penggerak Indonesia Maju” di Jakarta, Rabu (27/11 2011). 

Menrut Sri Renanisaat ini, pembinaan ditempuh dengan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memperluas jangkauan penyebaran informasi bagi seluruh guru. "Kami punya Gahar Mekar, itu komunikasi regular melalui _video conference_ secara berkala, Gerakan Harmoni Guru Mulia Karena Karya," jelasnya. 

Komunikasi itu, kata Renani, menjangkau sebanyak 1.000 guru untuk saling berbagi pengetahuan, dan praktik baik. "Ke depan, kesiapsiagaan bencana akan menjadi topik, ada dari mereka di sini yang bisa menjadi narasumber," ujarnya. 

Dia berharap bahwa para guru bisa lebih termotivasi menjadi kreatif untuk membuat karya yang bermanfaat untuk menjaga Indonesia yang abadi dan bahagia. 

Dalam kesempatan itu,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kembali menyelenggarakan Simposium Nasional Bagi Guru IPA Tahun 2019, yang diikuti 400 guru dengan mengangkat tema “Guru Penggerak Indonesia Maju”.

Para guru tersebut berkompetisi unjuk kebolehan membuat karya tulis selama empat hari mulai tanggal 25-29 November 2019. Ajang yang diselenggarakan sejak tahun 2012 ini merupakan perhelatan untuk memublikasikan karya tulis ilmiah guru IPA sebagai hasil praktik terbaik, sekaligus sarana berbagi informasi dan diskusi tentang inovasi dalam pembelajaran IPA. (Ati)

BERITA REKOMENDASI