Hari Ini Pengumuman SMA/SMK, Siswa Dilarang Rayakan Kelulusan

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Para siswa kelas XII SMA/SMK dan sekolah sederajat dilarang merayakan kelulusan yang diumumkan secara online hari ini, Sabtu (2/5/2020) dengan melakukan konvoi motor, coret-coret seragam atau kegiatan lain yang mengumpulkan kerumunan massa.

Larangan merayakan kelulusan dalam rangka mencegah penyebaran virus Korona atau Covid-19. Pihak sekolah juga dilarang mengadakan acara seremoni seperti wisuda, perpisahan atau kegiatan lain yang mengumpulkan orang banyak.

“Pengumuman kelulusan secara ‘online’ pukul 10.00 melalui sistem informasi kelulusan sekolah. Untuk mengetahui hasilnya, siswa kelas XII tinggal login dengan memasukan nomor ujian,” ujar Kepala Sekolah SMAN 2 Wates, Dwi Martini, Jumat (1/5/2020).

Menurutnya, sekolah mengumumkan kelulusan setelah menerima surat edaran dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY tentang Penambahan Waktu Masa Pembelajaran Jarak Jauh/Online di Masa Tanggap Darurat Bencana Covid-19.

Pihak sekolah, katanya, telah mengadakan rapat penentuan kelulusan yang hasil rapat tersebut hendak diumumkan secara online. Setelah mengetahui hasil pengumuman kelulusan, pihak sekolah mengharapkan siswa kelas XII tetap berada di rumah.

“Para siswa diminta tetap ada di rumah. Jangan merayakan kelulusan berlebihan dengan melakukan konvoi motor, melakukan coret-coret atau vandalisme,” harapnya.

Pihak sekolah, katanya, meniadakan acara seremonial seperti wisuda, perpisahan atau kegiatan lain yang mengumpulkan orang banyak di sekolah. Untuk kelengkapkan kelulusan seperti cap tiga jari dan tanda tangan ijazah akan diatur bergiliran.

Dikatakan penentuan kelulusan di tahun pelajaran 2019/2020 berbeda dengan penentuan kelulusan tahun pelajaran sebelumnya. Di tengah wabah Covid-19, pihak sekolah meniadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Seperti diketahui kelulusan siswa kelas XII SMA ditentukan berdasarkan pertimbangan nilai rapor sekolah dari semester 1 sampai semester 5, nilai ujian sekolah dan nilai harian pada semester 6 yang diformaulasikan sesuai prosedur operasional standar di sekolah.(Ras)

BERITA REKOMENDASI