Ibnu Abbas di DIY Gelar Wisuda Serentak

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sekolahan Islam Terpadu Ibnu Abbas Yogyakarta menggelar wisuda serentak di berbagai daerah. Di Sleman, wisuda dilaksanakan di lantai tiga Sleman City Hall dengan jumlah sebanyak 379 siswa yang diwisuda, Minggu (19/06/2022).

Wisuda serentak ini melibatkan semua lulusan di semua jenjang pendidikan Ibnu Abbas baik tingkat TK/RA, SD dan SMP. Ketua Pembina Yayasan Islam Cahaya Hati Ibnu Abbas Nandar Winoro menjelaskan di tahun pelajaran 2021/2022 saat ini Ibnu Abbas mewisuda kelulusan sebanyak 1047 siswa dari 80 sekolahan se-DIY.

Sebelumnya telah dilaksanakan wisuda sebanyak 223 siswa khusus dari Kabupaten Bantul, bertempat di Gedung Graha Santika, Tamansari. Di Kabupaten Gunungkidul juga terlaksana dengan jumlah yang diwisuda sebanyak 235 bertempat di GOR Playen. Sementara di Kabupaten Kulonprogo rencananya akan mewisuda sebanyak 267 siswa, Senin (20/06/2021).

“Biasanya kita adakan serentak seluruh DIY bertempat di Sportorium UMY, namun disana belum memperbolehkan penggunaan gedung secara total karena dampak pandemi,” terang Anggota DPRD DIY periode 2014-2019, itu.

Nandar mengatakan situasi pandemi yang berangsur normal dimanfaatkan untuk melaksanakan wisuda secara serentak namun tetap dibagi per-kabupaten. Selama pandemi dua tahun berjalan, wisuda tetap terlaksana namun hanya di masing-masing sekolahan. “Wisuda ini juga mengundang wali murid, sehingga memang banyak undangan,” ucapnya.

Dalam wisuda tersebut juga diberikan reward kepada delapan siswa berpresrasi. Enam siswa berasal SD IT Ibnu Abbas I yang beralamat di Godean Sleman, mereka adalah Alifian Yunansyah Putra, Amira Kamila Gunawan, Nazania Zayani, Arief Nur Rahman, Jasmine Maryam Nur Khasanah, Mustofa Ahmad Firdaus Nugroho. Berikutnya Sekar Ayu Cahyaningtyas dari SDIT Ibni Abbas II Pakem Sleman dan Balqis ‘Abida Syakira dari SMP IT Ibnu Abbas Goden.

Kepada para siswa yang berprestasi tersebut diberikan reward berupa handphone serta uang pembinaan. “Tentu kami berharap para dapat mengulangi prestasi yang telah diterohkan di Ibnu Abbas di jenjang sekolah yang akan di dapatkan,” ucapnya.

Selain itu Nandar juga menaruh harapan agar para siswa tetap menjaga akhlak dan ibadahnya. Ceremonial wisuda dipandangnya sebagai bentuk penghargaan kepada telah lulus karena sudah lulus menempuh sesuai jenjang pendidikannya.

“Dengan wisuda ini menjadi kenangan hidup, sekaligus menjadi semangat baru untuk melanjutkan jenjang pendidikan,” tutur Nandar. (*)

BERITA REKOMENDASI