Istimewa! Biji Nangka Bisa Jadi Mie Bergizi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Siapa sangka, biji buah nangka yang oleh orang Jawa kerap disebut beton bisa dimanfaatkan untuk dibuat makanan olahan mie dengan gizi tinggi. Lima mahasiswa UGM yakni Miftha Fachruri Rachmawati, Indah Kartika, Aulia Adzkia Fauzi, Miftha Hidayathurahma dan Ira Mustika Dewi nyatanya berhasil menciptakan makanan dengan memanfaatkan beton tersebut.

Selama ini masyarakat mungkin hanya tahu apabila beton bisa jadi makanan cukup enak dengan direbus hingga empuk dan dicamil begitu saja. Namun, dengan sedikit usaha dari anak-anak muda ini beton sisa lezatnya buah nangka bisa disulap menjadi mie bergizi.

Mengapa kemudian bisa diklaim bergizi? Mifta Fachruri, mencoba menjelaskannya pada wartawan Rabu (14/6/2017). Menurut dia, beton memiliki kandungan kalsium yang tinggi 145,747 ca (ppm) yang tentu saja akan bermanfaat untuk tubuh manusia.

"Pertama yang kita lakukan coba mengolah beton ini menjadi tepung dan selanjutnya digunakan sebagai pelengkap tepung terigu dalam pembuatan mie beton. Ternyata setelah diteliti kandungan kalsium lebih besar 43 % dari produk mie kering pada umumnya," terangnya.

Tingginya kandungan kalsium inilah yang menjadi pembeda dan membuat lima mahasiswa percaya diri memasarkan produk mie beton tersebut. Bahkan kini mie kering kemasan 85 gram sudah dibanderol dengan harga Rp 6 ribu per pack.

"Untuk mendapatkan produk ini dapat memesan melalui official account line @fzp4025k. Sementara pemasaran kami masih melalui online saja," imbuhnya.

Ketika ditanya awal mula ide produksi Mie Beton ini, anak-anak muda tersebut mengaku melihat kondisi yang terjadi di masyarakat di mana beton belum banyak dimanfaatkan secara maksimal. "Jumlahnya sangat melimpah tapi selama ini tak maksimal dimanfaatkan, mungkin sudah terlena dengan lezatnya buah nangka," imbuh Ira Mustika.

Kelima mahasiswa inipun berharap Mie Beton ciptaannya mampu mendapat atensi masyarakat luas dan menambah banyak kreasi pangan lokal yang tentu saja berkualitas. Bagaimana, tertarik dan ingin coba Mie Beton? (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI