Jangan Hanya Teori, Fasih Berbahasa Jawa Harus Dibiasakan

YOGYA, KRJOGJA.com – Belajar bahasa Jawa, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Tapi juga tidak sesulit yang ada di pikiran pula. Tinggal bagaimana membiasakan menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi sehari-hari.

Hal tersebut yang menjadi penekanan saat berlangsung Lokakarya Penulisan Naskah Sandiwara Radio/Audio Berbahasa Jawa untuk Pelajar yang digelar Dinas Kebudayaan DIY di LPP Garden Hotel Yogyakarta, Kamis (27/2/2020). Kegiatan yang dibiayai dana keistimewaan ini masih akan berlangsung hingga Jumat (28/2/2020) ini.

“Karena memang, untuk dapat lancar berbahasa Jawa dan baik harus dibiasakan, khususnya bagi generasi muda,” jelas Ketua Tim Pengembangan Sandiwara Radio Berbahasa Jawa Dinas Kebudayaan DIY Landung Simatupang sela lokakarya yang diikuti 100 pelajar se-DIY tersebut.

Apalagi ketika ingin menggarap naskah, kecakapan dalam berbahasa Jawa sangat diperlukan. Dengan begitu tidak hanya dapat berkomunikasi dengan baik, tapi juga dapat memahami maksud yang diinginkan.

Salah satu peserta, Muhammad Fateh (16), siswa kelas 10 SMAN 11 Yogyakarta, mengatakan sedari kecil ia sudah suka berbahasa Jawa. Apalagi lingkungan keluarga yang lekat dengan budaya dan tradisi Jawa sangat mempengaruhi remaja tersebut meski tinggal di tengah kota yang plural.

“Kalau saya suka bahasa Jawa. Beberapa kali ikut workshop biar tambah pengalaman dan pengetahuan,” katanya.

Menurut Fateh, kerap kali teman-temannya merasa kesulitan ketika harus berkomunikasi dengan bahasa Jawa. Tapi hal itu dapat dijelaskannya bahwa semua menjadi mudah ketika terbiasa.

Guru bahasa Jawa SMAN 3 Bantul Nur Hayanto kepada KR mengatakan, kebiasaan menggunakan bahasa Jawa menjadi kunci untuk fasih menggunakannya. Hal tersebut juga dapat meminimalisir penempatan kosakata yang kurang tepat karena bahasa Jawa memiliki sejumlah tingkatan yang mesti dipahami.

“Tidak hanya untuk komunikasi, dengan bahasa Jawa sebenarnya juga dapat dimanfaatkan media penanaman karakter serta belajar tata Krama,” ucapnya. (Feb)

BERITA REKOMENDASI