Jelajah Budaya di Candi Ijo, Ini Kata Mereka

PRAMBANAN (KRjogja.com) – Ratusan pelajar SMA sederajat di Yogyakarta mengikuti Jelajah Budaya yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Minggu (6/11/2016). Kegiatan yang mengambil start di Candi Ijo Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan ini bertujuan untuk mengajak generasi muda ikut melestarikan budaya bangsa.

Mereka diberi pengetahuan tentang seputar Benda Cagar Budaya (BCB) yang ada di Yogyakarta. Khususnya Candi Ijo dan Situs Ratu Boko. Peserta yang merupakan anggota Pramuka Penegak dari Gugus Depan perutusan Kwartir Cabang se-DIY ini jalan kaki sejauh tujuh kilometer menuju Tebing Breksi. Disana mereka akan adu yel-yel. Tapi sepanjang perjalanan mereka juga memberikan pohon kepada penduduk.

Kepala BPCB Yogyakarta Winston Sam Dauglas Mambo atau yang biasa disapa Tony mengatakan, kegiatan sengaja melibatkan generasi muda karena banyak nilai-nilai leluhur yang dapat dipelajari. Mulai dari toleransi, kebersamaan hingga gotong royong.

"Candi Ijo sengaja dipilih karena sekarang sudah semakin dikenal. Selain itu juga mengenalkan kepada generasi muda. Kalau di Yogyakarta banyak peninggalan sejarah yang sangat unik,” katanya.

Total ada 215 pelajar SMA sederajat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain mengenal budaya, mereka juga diajak tanam pohon, lepas burung hingga melepas ikan di embung. Sore harinya mereka diajak sarasehan tentang cagar budaya di Situs Ratu Boko.

Oca (15) salah satu peserta mengaku tertarik mengikuti kegiatan ini, selain menambah pengalaman juga pengetahuan. Apalagi dia juga baru sekali terlibat dalam acara yang berlatarbelakang cagar budaya. “Sebagai generasi muda, kita harus mencintai, menjaga dan melestarian budaya warisan budaya,” ujar pelajar Kelas X SMAN 1 Kalasan ini. (Awh)

BERITA REKOMENDASI