Juara Lomba Pidato Bahasa Indonesia dari 18 Negara Buat Wayang Suket di Yogya

SLEMAN (KRjogja.com) – 36 juara Lomba Pidato Bahasa Indonesia dari 18 negara Minggu (21/8/2016) mengunjungi Yogyakarta untuk melakukan makan malam perpisahan. Dalam kunjungan ke wilayah Sendari Tirtoadi Sleman tersebut, mereka juga melakukan berbagai macam kegiatan untuk mengenal budaya Jawa khususnya Yogyakarta seperti membuat wayang suket.

Juara-juara lomba pidato Bahasa Indonesia tersebut sebelumnya melaksanakan lomba mulai 15-20 Agustus di Jakarta. Setelah selesai, penyelenggara dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jendral Kebudayaan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri mengajak para juara untuk mengunjugi Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk lebih mengenal budaya lokal Indonesia.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan ada 18 negara peserta lomba pidato Bahasa Indonesia tersebut. Tujuannya, untuk semakin memperluas penggunaan Bahasa Indonesia di komunitas internasional.

"Pesertanya ada 18 negara diantaranya, Amerika Serikat, Australia, Arab Saudi, Belanda, Filipina, India, Jepang, Jerman, Malaysia, Mesir, Myanmar, Papua Nugini, Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Turki. Tujuannya untuk memperluas penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan internasional, sudah didapatkan 36 pemenang dan inilah hadiahnya paket ke Indonesia untuk mengenal langsung budaya kita," ungkapnya.

Di Yogyakarta tepatnya di Omah Kecebong Rumah Budaya dan Hortikultura 36 juara tersebut mengikuti kegiatan menarik diantaranya membuat wayang suket. "Mungkin mereka sudah kenal wayang tapi sekarang kita kenalkan lagi wayang suket, membuat tokoh wayang dari rumput dan mereka sangat antusias," sambung Hasan Setyo Prayogo penggagas Omah Kecebong.

Selama di Yogyakarta dan Jawa Tengah, 36 orang tersebut juga diajak untuk mengunjungi museum dan warisan dunia seperti Candi Prambanan dan Borobudur. Tak hanya itu, mereka juga berkesempatan ikut serta upacara 17 Agustus di Istana Negara. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI